Sertifikasi ISO

International Organization for Standardization atau lebih dikenal sebagai ISO adalah salah satu Standar Internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi, yang memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Mereka yang memiliki sertifikasi ISO akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait.

Kita dapat mengilustrasikan ISO itu seperti  franchiseFranchise makanan yang memiliki standar yang jelas dan harus diikuti oleh karyawan, sehingga rasa makanan bisa sama di setiap cabang. Rasa makanan tidak tergantung dari koki yang memasak makanan tersebut.

Menerapkan ISO artinya membuat standar yang menjadi pedoman dalam operasional perusahaan. Perusahaan yang baik akan lebih bergantung pada sistembukan orang.

“Kenapa harus bergantung pada sistem?”

Karena orang pada saatnya akan berganti, bisa disebabkan karena pension atau pindah ke perusahaan lain. Jika perusahaan tidak memiliki pedoman operasional yang baku, maka cara kerja akan berubah-ubah tergantung orang tersebut. Saat mendapat orang yang lebih baik dari sebelumnya, maka hasilnya akan baik. Namun jika mendapat orang yang tidak baik, maka hasilnya juga menjadi tidak baik.

Manfaat untuk perusahaan dari penerapan ISO adalah :

  • Perusahaan terdaftar pada Lembaga sertifikasi dan diaudit secara periodik.
  • Pelanggan akan mudah mencari pemasok yang bersertifikat ISO, yang berarti terbuka kesempatan pasar baru.
  • Terjadi perubahan positif dalam hal budaya mutu bagi dan organisasi perusahaan, karena terdorong untuk mempertahankan sertifikat ISO.
  • Sebagai acuan kerja, sehingga karyawan bisa bekerja tanpa kesalahan atau dengan kesalahan yang minimal.
  • Sebagai bukti pelaksanaan sistem dan diperlukan untuk telusur ketika terjadi masalah.
  • Untuk menghindari perbedaan persepsi dan untuk mendapatkan hasil yang seragam walaupun pekerjaannya berbeda.
  • Sebagai catatan untuk generasi yang akan datang.

Kami melayani berbagai pengurusan Sertifikasi ISO, antara lain:
ISO : 9001
ISO : 14001
ISO : 45001

Info lebih lanjut silahkan hubungi 081111331213 Legalyn Indoensia, Anda dapat berkonsultasi gratis.

Scroll Up