Tak sedikit perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan ISO 27001. Sertifikat ini sangat penting bagi perusahaan karena membantu melindungi dan mengelola keamanan informasi maupun data penting. 

Lantas, apa sebenarnya ISO 27001? Apa tujuan dan manfaatnya? Simak penjelasan singkat berikut ini.

Apa Itu ISO 27001? 

ISO 27001 dikenal dengan sebutan Information Security Management Systems (ISMS). ISO 27001 adalah standar internasional manajemen keamanan informasi di organisasi atau perusahaan. 

Standarisasi tersebut mencakup seluruh divisi di perusahaan. Mulai dari struktur organisasi, proses produksi, transaksi, distribusi, pergudangan, hingga infrastruktur TI. Singkatnya, ISO 27001 merupakan solusi bagi keamanan data. 

Kehadirannya mampu melindungi informasi dan data penting milik perusahaan maupun pelanggan. Tak hanya itu saja, secara tidak langsung ISO juga menjadi alat untuk mengukur kinerja, kualitas, dan kredibilitas perusahaan.  

Tujuan ISO 27001 

iso 27001

Tujuan ISO 27001 adalah untuk melindungi dan menjaga kerahasiaan informasi dan data yang dimiliki perusahaan. Penerapan ISO 27001 dapat membantu perusahaan membangun dan memelihara ISMS

Selain itu, penerapan ISO 27001 juga akan membantu perusahaan lebih mudah dalam pengelolaan dan pengendalian risiko sistem keamanan, melindungi ketersediaan, integritas, serta kerahasiaan informasi. 

Manfaat Menerapkan ISO 27001 

Dilihat dari tujuannya, penerapan ISO 27001 dinilai sangat penting karena memberikan banyak manfaat untuk perusahaan. Adapun manfaat yang dimaksud, antara lain:

  • Memperkuat perlindungan terhadap informasi pelanggan, data sensitif, serta aset informasi penting lain dari ancaman pencurian data, peretasan, maupun kerusakan akibat insiden keamanan.
  • Memudahkan perusahaan melakukan proses identifikasi terhadap potensi ancaman sekaligus membantu mempercepat proses evaluasi dan mengelola risiko untuk meminimalisasi kejadian serupa terulang kembali. 
  • Penerapan ISO 27001 efektif meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Makin baik kredibilitas perusahaan, makin besar peluang perusahaan mencapai target pendapatan yang ditetapkan.
  • Meningkatkan efisiensi serta efektivitas operasional perusahaan.
  • Lantaran telah memenuhi syarat regulasi dan aturan, penerapan ISO 27001 dapat mengurangi risiko kerugian yang disebabkan insiden keamanan dan pembayaran denda.

Dari uraian singkat di atas dapat disimpulkan bahwa ISO 27001 bukan sekadar melindungi informasi dan data penting perusahaan, tetapi juga menjadi solusi untuk menciptakan manajemen keamanan informasi yang baik sehingga mampu meminimalisasi risiko dan mendukung kemajuan bisnis. 

Bagi kamu yang membutuhkan sertifikat ISO 27001, Legalyn siap membantu! Nikmati kemudahan pembuatan sertifikat ISO dan dokumen hasil audit dengan harga terjangkau tanpa repot bersama Legalyn! 

Hubungi Whatsapp Kami