Perlu Anda ketahui, PT adalah sebuah badan usaha yang berbasis hukum dengan modal dasar yang terbagi atas saham. Dalam proses pendiriannya, kini Anda tidak perlu pusing karena sudah ada banyak jasa pendirian PT yang beredar.

Meski dipermudah oleh penyedia jasa, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat mendirikan sebuah PT. Apakah badan usaha ini sesuai dengan visi misi perusahaan Anda?

Keuntungan Mendirikan Perseroan Terbatas (PT)

Setidaknya ada lima keunggulan PT dibandingkan badan usaha lainnya. Apa saja itu? Yuk, simak artikel berikut ini sampai habis ya!

1. Harta pribadi jadi lebih aman

Adapun keuntungan ketika mendirikan bisnis dengan bentuk PT yaitu kewajiban yang akan disetorkan hanya sebatas dana awal perusahaan atau modal. Terutama ketika PT tersebut sedang mengalami kerugian, maka pihak pemilik hanya perlu membayar modal untuk disetorkan saja.

Maka dari itu, untuk masalah harta pribadi terbilang aman dan tidak akan tersentuh guna menutupi kerugian perusahaan. Hal hal seperti ini biasanya mudah dibantu oleh jasa pendirian PT.

2. Mudah untuk mengalihkan kepemilikan

Biasanya kepemilikan PT sendiri umumnya berupa saham. Yang artinya proses peralihan kepemilikan jauh lebih mudah untuk dilakukan yaitu dengan menjual saham pada pihak ketiga.

Baca juga: 10 Jenis Sertifikat Populer yang Diterbitkan Badan Sertifikasi ISO

Dalam hal ini, pihak pemilik saham sebaiknya memperhatikan anggaran dasar perusahaan dan juga mengikuti tata cara peralihan saham dengan benar sebelum nantinya menjual saham miliknya.

3. Tidak ada batas waktu

Dalam aturan perundang undangan, PT tidak ada memiliki batasan waktu hidup. Jadi selama PT tersebut masih beroperasi walaupun pemiliknya sudah berpindah tangan atau bahkan meninggal dunia.

4. Mudah untuk memperoleh dana dalam jumlah besar

Untuk mengembangkan usaha, pastinya pihak pemilik membutuhkan tambahan modal. Dengan adanya badan usaha berbentuk PT, biasanya proses pinjaman dari pihak kreditur jauh lebih mudah dan juga cepat.

Atau bisa juga saham yang dimilikinya nantinya dijual pada pihak investor guna mendapatkan tambahan dana awal. Secara tidak langsung, hal-hal seperti ini menguntungkan kedua belah pihak.

5. Proses pendiriannya mudah

Yang terakhir adalah mengenai proses pendirian PT. Proses pengesahan akta pendirian sendiri, hanya membutuhkan waktu, kurang lebih 7 hari kerja. Sedangkan untuk memperoleh legalitas perusahaan, Anda bisa bermitra dengan jasa pendirian PT yang berkualitas.

Baca juga: Adakah Keuntungan Mendirikan Yayasan? Inilah Jawabannya

Dalam hal ini, tentunya ada beberapa kelengkapan dokumen yang perlu dipersiapkan oleh pihak pengusaha tersebut. Akan tetapi, setidaknya dengan menggandeng tim yang ahli di bidang tersebut Anda akan dibantu dan dimudahkan.

Nah, salah satu penyedia jasa pendirian PT yang terpercaya dan berpengalaman adalah Legalyn. Kami akan membantu Anda dalam pengajuan izin pendirian PT dengan layanan yang tanggap dan cepat. Dengan begitu, bisnis yang Anda jalankan dapat terus berkembang menjadi lebih baik.

Yuk, melangkah bersama Legalyn ciptakan badan usaha impian Anda dengan mudah!