Yayasan adalah lembaga yang dibuat oleh masyarakat untuk tujuan tertentu. Banyak orang yang mengira bahwa yayasan dibuat tanpa ada keuntungan di dalamnya. Tetapi hal ini salah besar, karena nyatanya ada banyak keuntungan mendirikan yayasan.

Biasanya yayasan ini didirikan untuk kepentingan sosial, agama maupun kemanusiaan. Meski demikian, yayasan diakui sebagai badan hukum lho!

Yayasan dipandang sebagai subjek hukum mandiri yakni memiliki hak dan kewajibannya sendiri. Pendiriannya pun harus didaftarkan di Kemenkumham atau Kementerian Hukum dan HAM.

Lantas apa keuntungan mendirikan yayasan yang sebenarnya?

4 Keuntungan Mendirikan Yayasan

Bagi Anda yang berniat mendirikan badan hukum yang satu ini, alangkah baiknya Anda pahami dulu apa saja manfaatnya.

1. Mendapatkan Perlindungan Hukum

Dengan mendirikan sebuah yayasan maka Anda akan mendapatkan perlindungan hukum. Hal tersebut dikarenakan yayasan didirikan berdasarkan hukum yang berlaku. Sehingga tidak boleh sembarang orang mendaftarkan nama yayasan yang sama.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mendaftarkan yayasan sesuai dengan peraturan yang berlaku agar memperoleh perlindungan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Memperjelas Pemisahan Harta Pendiri dan Yayasan

Keuntungan mendirikan yayasan yang lain adalah memperjelas pemisahan antara harta dari pendiri dan yayasan. Hal tersebut telah tercantum dalam undang-undang. Dengan dipisahkannya antara harta pendiri dan yayasan maka akan mempermudah dalam memproses penerimaan donatur.

Dengan begitu maka pencatatan mengenai harta yayasan bisa terlihat dengan jelas. Apalagi dana yang diperoleh merupakan dana yang berasal dari orang lain.

3. Mendapatkan Fasilitas Pembebasan Bea Masuk dan Cukai Pemerintah

Lembaga yang berbentuk yayasan juga akan mendapatkan fasilitas berupa pembebasan bea masuk dan cukai pemerintah dalam hal impor barang berupa keperluan umum, amal, sosial atau ibadah.

Dengan diberikan pembebasan tersebut maka kegiatan berdasarkan kepentingan yayasan akan jadi lebih mudah dilakukan.

4. Dipercaya Oleh Donatur

Yayasan didirikan berdasarkan tujuan tertentu, yang dimana tujuan tersebut adalah untuk mensejahterakan masyarakat yang dianggap membutuhkan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menerima bantuan dana dari donatur.

Jika yayasan yang dibuat memiliki landasan hukum yang sah maka akan lebih banyak donatur yang percaya. Jika sudah begitu, tujuan yang diharapkan jadi lebih mudah tercapai.

Nah itulah keuntungan mendirikan yayasan yang perlu Anda ketahui. Sangat menguntungkan bukan? Dan untuk pendiriannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan kepada penyedia jasa pendirian lembaga seperti Legalyn.

Bermitra dengan penyedia jasa pendirian lembaga profesional seperti Legalyn akan mempermudah segala urusan dan proses yang ada. Jadi, jangan ragu untuk menggandeng kami ya!

 

 

Hubungi Whatsapp Kami