Era globalisasi sudah di depan mata. Hal ini menjadi tanda bahwa persaingan usaha kian merajalela. Untuk itu, para pengusaha perlu memiliki ‘senjata’ agar bisa menghadapinya. Salah satunya melalui kepemilikan sertifikat ISO.

Menurut detikfinance, ISO atau The International Organization for Standardization merupakan badan standar dunia yang dibentuk guna meningkatkan perdagangan internasional.

Secara umum, ada banyak jenis ISO yang bisa diraih perusahaan, mulai dari ISO 9001, ISO 14001, ISO 27001, dan lainnya. Semua jenis ISO ini memiliki fungsinya masing-masing.

Sementara itu, era globalisasi adalah era di mana mobilitas manusia, barang, serta jasa dari satu negara ke negara lainnya mengalami peningatan yang signifikan.

Hal tersebut pada akhirnya memaksa perusahaan lokal untuk bersaing dengan perusahaan asing jika memang tak mau tersingkir.

Peran Sertifikat ISO dalam Persaingan di Era Globalisasi

Sertifikat ISO

Ada berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mempertahankan eksistensi perusahaan di tengah persaingan global. Misalnya dengan menjaga sekaligus meningkatkan kualitas produk. Hal ini dapat diwujudkan melalui strategi bisnis yang tepat.

Untuk mempersiapkannya, Anda perlu meningkatkan kinerja perusahaan, baik secara internal maupun eksternal.

Nah, salah satu upaya peningkatan kinerja perusahaan secara internal bisa dilakukan dengan menata sistem manajemen perusahaan. Oleh sebab itu, Anda perlu menerapkan sertifikasi ISO di perusahaan.

Dikutip dari survei yang dilakukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), seperti yang dilaporkan MSECB, 98 persen perusahaan yang telah tersertifikasi ISO menganggap sertifikat tersebut sebagai investasi yang sangat baik. Artinya, sertifikasi ISO memang berperan penting terhadap kemajuan perusahaan.

Termasuk dalam era globalisasi ini, sertifikat ISO bisa menjadi kunci sukses perusahaan memenangi persaingan. Hal ini dapat terjadi karena sertifikasi ISO telah mencerminkan komitmen perusahaan terhadap standar kualitas/mutu internasional.

Manfaat Sertifikasi ISO untuk Perusahaan

Sertifikat ISO

Jika perusahaan sudah menerapkan standar kualitas internasional, maka secara umum kepercayaan konsumen akan meningkat.

Hal tersebut bisa menjadi peluang bagi Anda untuk terus melakukan ekspansi pasar global, sekaligus meningkatkan daya saing perusahaan di tingkat dunia.

Di samping itu, sertifikasi ISO juga memiliki beragam manfaat lainnya untuk perusahaan. Di antaranya ialah sebagai berikut!

  1. Aktivitas di perusahaan menjadi lebih terstandardisasi. Artinya, proses produksi dan pelayanan jadi semakin sederhana, keamanan dan konsistensi produk serta layanan kian pasti, dan kompatibilitas  global semakin tinggi.
  2. Menjadi sarana promosi praktik standar paling baik.
  3. Meningkatkan kinerja di perusahaan.
  4. Membantu tim di perusahaan menjadi semakin produktif.
  5. Menjaga sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang disediakan.
  6. Bantu menaikkan pendapatan perusahaan.
  7. Menjadi ‘gerbang’ menuju pasar baru yang lebih luas jangkauannya (pasar global).
  8. Meningkatkan komitmen tim.
  9. Menjadikan segala sesuatu lebih efisien.
  10. Membantu perusahaan mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai risiko dan mengubahnya jadi peluang.

Itulah beberapa manfaat sertifikat ISO untuk perusahaan, serta perannya dalam menghadapi persaingan di era globalisasi.

Mengingat sertifikasi ini memegang peranan yang sangat penting, maka setiap perusahaan perlu untuk memilikinya. Kini, sertifikasi ISO bisa diperoleh dengan langkah-langkah yang lebih mudah, melalui Legalyn, badan jasa layanan legalitas tepercaya.

Melalui layanan Sertifikasi ISO di Legalyn, Anda bisa meraih berbagai jenis sertifikat ISO sesuai kebutuhan. Jadi, tunggu apa lagi? Semua urusan legalitas perusahaan, serahkan saja ke ahlinya di Legalyn.

Hubungi Whatsapp Kami