Proyek konstruksi, baik itu yang berskala kecil maupun besar, mensyaratkan kontraktor untuk memiliki sertifikat atau lisensi tertentu. Dengan adanya sertifikasi tersebut, pihak perusahaan pun dapat menunjukkan bahwa kegiatan bisnisnya telah memenuhi persyaratan hukum yang ditetapkan oleh pemerintah.

Di sisi lain, peran sertifikasi untuk suatu kegiatan usaha dapat menjadi bentuk kepatuhan terhadap regulasi dan standar keselamatan yang ditetapkan di sebuah negara. Karenanya, tidak heran jika sertifikasi kerap disebut dapat meningkatkan standar dan kualitas suatu industri, khususnya yang bergerak di bidang jasa konstruksi.

Pentingnya Memiliki Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK) 

 

Mengutip dari laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK) merupakan sertifikat yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Bukti pengakuan formal ini ditujukan bagi perusahaan yang dinilai sudah memenuhi tingkat kompetensi di bidang jasa konstruksi. 

Fokus penilaian dalam sertifikasi ini mengacu pada dua kategori, yakni SBUJK Pelaksanaan Konstruksi dan SBUJK Perencanaan atau Konsultan Konstruksi. Berkaca dari hal tersebut, SBUJK tentunya dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan standar dan kualitas badan usaha jasa konstruksi. 

Berikut adalah beberapa peran sertifikasi, khususnya SBUJK, dalam upaya peningkatan standar dan kualitas perusahaan konstruksi:

  • Mendorong Peningkatan Kompetensi Profesional 

Sertifikasi ini mendorong perusahaan konstruksi untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan personel mereka. Dalam upaya untuk melakukannya, perusahaan konstruksi bisa mengikutsertakan personelnya di berbagai pelatihan tambahan. Dengan demikian, semua tim di perusahaan jadi lebih bisa mengembangkan keterampilan dan menerapkan praktik terbaik dalam pekerjaan konstruksi mereka.

  • Sebagai Alat untuk Mengukur dan Menilai Kualitas Standar Layanan yang Dimiliki

Sertifikasi, khususnya SBUJK, mengharuskan perusahaan konstruksi untuk memenuhi standar kualifikasi yang ditetapkan oleh lembaga pengawas atau pemerintah. Maka dalam prosesnya, sebuah perusahaan perlu memastikan standar dan kualitas layanan yang diberikannya benar-benar sudah dapat memenuhi tingkat kompetensi yang diminta. 

Dorongan untuk memenuhi beragam aspek penilaian itu tentunya akan membuat suatu badan usaha jasa konstruksi untuk terus meningkatkan kualitas dan standar pelayanannya. 

  • Mendorong Perusahaan untuk Melakukan Praktik Terbaiknya

Peran sertifikasi lainnya adalah mendorong perusahaan untuk menerapkan praktik terbaik dalam pengendalian kualitas layanannya. Dengan begitu, perusahaan pun dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih konsisten dan memenuhi ekspektasi klien.

Demikianlah peran sertifikasi, khususnya SBUJK, dalam meningkatkan standar dan kualitas dalam industri konstruksi. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengurus sertifikat ini, jangan ragu untuk menghubungi Legalyn Indonesia yang sudah terbukti berpengalaman dan tepercaya. Pastikan perusahaan konstruksi Anda sudah mengantongi sertifikasi ini, guna menunjukkan komitmen terhadap kualitas dan standar layanan terbaik kepada klien!

Hubungi Whatsapp Kami