Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi penting dimiliki oleh setiap pebisnis atau badan usaha yang bergerak di bidang pengadaan jasa konstruksi. Selain sebagai pembuktian legalitas, sertifikasi ini juga penting untuk beberapa alasan lain. Simak keuntungan memiliki Sertifikat Jasa Konstruksi beserta persyaratan membuatnya berikut ini!

Pentingnya SBU Jasa Konstruksi 

Sertifikat Jasa Konstruksi

Lebih dari sekadar dokumen formalitas, Sertifikat Jasa Konstruksi penting dimiliki untuk beberapa alasan berikut:

  • Legalitas dan Kredibilitas

Badan bisnis yang memiliki SBU Jasa Konstruksi (SBUJK) berarti telah diakui secara resmi sebagai entitas kompeten dan memenuhi standardisasi. Selain itu, juga meningkatkan kredibilitas badan usaha di mata klien potensial, menunjukkan kemampuan perusahaan Anda dalam melaksanakan berbagai proyek sesuai kualifikasi.

  • Perolehan Izin Usaha

Sertifikasi menjadi syarat untuk memperoleh beberapa Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) seperti IUJK Nasional, IUJK Penanaman Modal Asing, atau Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing (BUJKA).

  • Bukti Kepatuhan terhadap Hukum

Dengan SBU Jasa Konstruksi, Anda menunjukkan kepatuhan terhadap hukum dan regulasi yang berlaku. Perlu diketahui, berdasarkan PP No. 5/2021, ada sanksi yang harus dibayar oleh BUJK bila tidak memiliki SBUJK, yakni:

  • Sebesar 10% dari total nilai kontrak (bagi BUJK Nasional).
  • Sebesar 20% dari total nilai kontrak (bagi Kantor Perwakilan BUJKA).
  • Sebesar 10% dari total nilai kontrak (bagi BUJK PMA)
  • Akses ke Proyek-proyek Besar

Sertifikat Jasa Konstruksi bisa Anda manfaatkan sebagai bukti kompeten dan kualifikasi untuk mengikuti dan memenangkan proyek-proyek besar seperti proyek dari pemerintah, BUMN, hingga swasta. Pihak penyelenggara proyek pun tidak akan ragu akan kapabilitas perusahaan Anda.

  • Syarat Pendaftaran dan Pendirian Usaha

SBU Jasa Konstruksi digunakan untuk memenuhi syarat:

  • Pendaftaran badan usaha sebagai jasa penunjang sektor tambang dan migas.
  • Pendirian usaha joint venture Penanaman Modal Asing bagi BUJK Nasional.
  • Syarat joint operation atau kerjasama antara BUJKA dengan BUJK Nasional.
  • Perhitungan Pajak yang Lebih Terjangkau

SBU juga dapat digunakan untuk menghitung Pajak Penghasilan (PPh), dengan tarif pajak lebih terjangkau berdasarkan klasifikasi SBU. Sementara perusahaan yang tidak punya SBU akan dikenakan tarif pajak normal. Sebagai gambaran, berikut perbedaan tarif final pph keduanya:

Tarif pph pelaksanaan konstruksi oleh penyedia jasa kualifikasi usaha kecil:

  • Dengan SBUJK: 2%
  • Tanpa SBUJK: 4%

Tarif pph pelaksanaan konstruksi oleh penyedia jasa kualifikasi usaha menengah dan besar:

  • Dengan SBUJK: 3%
  • Tanpa SBUJK: 4%

Tarif pph perencanaan/pengawasan konstruksi:

  • Dengan SBUJK: 4%
  • Tanpa SBUJK: 6%

Syarat-syarat Pembuatan SBU Jasa Konstruksi

Sertifikat Jasa Konstruksi

Prosedur pengajuan SBUJK adalah mulai dari permohonan, pembayaran biaya, proses verifikasi dan validasi, hingga persetujuan/penolakan permohonan. Pastikan Anda dengan teliti menyiapkan semua dokumen syarat pembuatan Sertifikat Jasa Konstruksi atau SBUJK, yang diatur dalam PP No.5/2021, yakni:

1. Data Administratif:

  • Data lengkap Badan Usaha termasuk Nama, NPWP, Email, No. telepon.
  • Data Direksi dan Pemegang Saham termasuk KTP & NPWP
  • Akta Pendirian dan SK Menkumham
  • Pas photo Penanggung jawab BUJK / Direktur Utama (berwarna uk. 3 x 4)
  • NIB (RBA) KBLI 2020
  • BSAT (Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Pertama)
  • BOQ/RAB/MPU
  • Akun OSS (bila Badan Usaha Anda telah memiliki NIB)

2. Data Tenaga Kerja:

  • SKK Konstruksi
  • Scan Ijazah (legalisir)
  • KTP dan NPWP aktif

3. Data Keuangan:

  • Neraca Keuangan Badan Usaha (untuk Badan Usaha kualifikasi kecil dan spesialis dengan nilai aset kurang dari Rp2 miliar).
  • Audit Akuntan Publik Tahun Terakhir oleh Kantor Akuntan Publik yang resmi terdaftar di Kemenkeu (untuk Badan Usaha kualifikasi menengah, besar, asing, dan spesialis dengan nilai aset sama dengan hingga lebih dari Rp2 miliar).

4. Data Peralatan:

  • Bukti Kepemilikan
  • Hasil Pemeriksaan dan Pengujian (alat besar)
  • Surat Pernyataan Laik Pakai (alat kecil)

5. Sertifikat ISO:

  • ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu
  • ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Suap

Jika diperlukan, pertimbangkan pandangan ahli industri maupun konsultan hukum yang telah memahami proses aplikasi SBU Jasa Konstruksi. Masukan dari mereka bisa memberi wawasan tambahan dan membantu Anda mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu diperbaiki atau diperhatikan lebih lanjut dalam persiapan pengajuan.

Urus SBU Jasa Konstruksi Lebih Mudah via Legalyn

Sertifikat Jasa Konstruksi

Harus mengurus SBUJK tetapi terkendala waktu, tenaga, juga ketidakpahaman akan regulasi yang berlaku? Kini, Anda bisa mempercayakannya pada jasa pengurusan dokumen legalitas tepercaya, Legalyn.

Sejak 2017, PT. Legalyn Bisnis Indonesia telah membantu banyak perusahaan, mulai dari startup, UMKM, hingga usaha yang sedang berkembang dalam menyiapkan dokumen legalitas untuk berbagai kebutuhan.

Dari proses awal hingga penerbitan, pengurusan Sertifikat Jasa Konstruksi perusahaan Anda akan dilakukan oleh tim ahli profesional berpengalaman. Tak perlu khawatir akan kualitas keaslian dokumen Anda, karena Legalyn menjamin 100% keaslian setiap dokumen legalitas. Mau bikin SBU Jasa Konstruksi dengan lebih mudah? Hubungi tim Legalyn sekarang!

Hubungi Whatsapp Kami