Bila anda ingin membangun bisnis di Indonesia, artinya anda harus siap dengan segala aturan dan hukum yang berlaku. Dikenal sebagai negara hukum, segala sesuatu yang ada di Indonesia diatur dalam peraturan perundang-undangan yang mengikat semua warga negaranya tanpa terkecuali.

Dalam sebuah bisnis juga terdapat peraturan yang harus ditaati oleh para pelaku usaha seperti masalah legalitas perusahaan. Dengan adanya legalitas, tandanya perusahaan tersebut diakui oleh pemerintah dan dilindungi oleh hukum. Untuk mendapatkan legalitas, perusahaan yang anda jalankan harus memiliki izin usaha yang jelas.

Melegalkan perusahaan sesuai aturan perundang-undangan merupakan salah satu bentuk kepatuhan kepada hukum yang berlaku. Perusahaan yang tidak melakukan legalitas maka secara hukum tidak diakui keberadaannya.

Selain itu, adanya legalitas perusahaan juga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis anda kepada masyarakat. Mengurus legalitas bisnis, memberikan banyak manfaat bagi bisnis anda.

Manfaat Melakukan Legalitas Perusahaan Untuk Perkembangan Bisnis

Manfaat yang akan anda dapatkan dari melakukan legalitas adalah sebagai berikut ini.

• Mendapat perlindungan hukum

Perusahaan yang sudah terdaftar memiliki izin usaha akan mendapatkan perlindungan hukum sesuai undang-undang. Dengan legalitas yang dimililiki oleh perusahaan anda, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi bisnis anda sendiri.

• Merupakan salah satu syarat mengikuti tender dan lelang

Tender merupakan kegiatan jual beli yang melibatkan dua pihak, yaitu pihak penyelenggara dan penyedia. Dalam tender, anda membutuhkan bukti legalitas. Bukti kepemilikan yang ditampilkan berperan penting ketika ingin mengikuti tender dan lelang.

• Mempermudah penjualan saham

Selain bermanfaat untuk melindungi bisnis anda, keuntungan yang anda dapatkan jika legalitas bisnis anda jelas adalah adanya kemudahan dalam menjual ataupun mengalihkan saham milik anda ke pihak lain.

• Kemudahan dalam mengembangkan bisnis ke skala yang lebih besar

Adanya legalitas yang menjamin, memudahkan anda dalam mendapatkan pinjaman modal usaha ketika ingin mengembangkan bisnis ke skala yang lebih besar.

• Sebagai sarana untuk meningkatkan kredibilitas

Mengurus legalitas bisnis anda, juga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis di mata konsumen, supplier, investor, dan sebagainya. Legalitas bisnis yang jelas memberikan kesan profesional sehingga pihak luar tidak ragu ketika memilih produk atau bisnis yang anda tawarkan.

Baca juga: 3 Manfaat Memiliki Virtual Office dalam Mengembangkan Bisnis

Melihat dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa legalitas perusahaan merupakan sesuatu yang penting dalam dunia bisnis. Untuk itu Anda harus mulai memperhatikan legalitas perusahaan Anda agar kedepannya kegiatan bisnis yang Anda lakukan dapat berjalan dengan baik.

Anda dapat mempercayakan legalitas perusahaan Anda di Legalyn. Legalyn merupakan salah satu penyedia layanan legalitas perusahaan terpercaya. Legalyn sudah berdiri sejak tahun 2017dan dipercaya oleh banyak pelaku usaha untuk membantu legalitas perusahaannya. Jadi masih ragu?

 

Hubungi Whatsapp Kami