Kepemilikan Haki adalah salah satu cara untuk melindungi karya intelektual. Sayangnya, masih banyak kreator yang belum menyadari pentingnya memiliki Haki.

Padahal, tanda kepemilikan hak intelektual ini bisa melindungi produk dari plagiasi, pemalsuan, dan masalah lainnya. Ketahui macam-macam Haki agar bisnis semakin berkembang dan terjaga kelangsungannya. 

Apa yang Dimaksud Dengan Haki?

Apa sebenarnya yang dimaksud Haki? Dilansir dari laman bisnis.com, HAKI adalah pemberian hak atau lisensi kepada seseorang atau institusi yang telah membuat suatu kreasi dan inovasi.

Perijinan ini juga sekaligus memberikan perlindungan hukum bagi barang atau kreasi apa pun yang telah diciptakan. Selain itu Haki juga dianggap sebagai penghargaan terhadap ide, gagasan, dan kerja keras seorang kreator dalam menghasilkan sebuah karya.

Macam-Macam HAKI yang Perlu Kamu Tahu

macam macam haki

Ternyata terdapat beberapa macam Haki. Lantas apa yang membedakan satu dengan yang lainnya? Berikut informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Hak cipta atau copyright

Jenis yang pertama adalah hak cipta. Hak ini merupakan pemberian izin secara eksklusif kepada mereka yang telah menciptakan sebuah kreasi. Mereka diberi kuasa untuk mengumumkan dan memperbanyak barang ciptaan tersebut.

2. Hak kekayaan industri

Sementara itu, dirangkum dari laman izin.co.id, hak kekayaan industri merujuk pada perlindungan untuk perusahaan terhadap berbagai bentuk tindakan plagiarisme dalam ruang lingkup industri.

Jenis hak ini dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yakni:

  • Paten

Hak paten adalah izin eksklusif yang diberikan kepada pihak tertentu yang berhasil mengatasi suatu masalah melalui penggunaan teknologi.

  • Merek 

Merek adalah ciri-ciri sebuah produk yang menjadi pembeda dari produk lainnya. Komponen yang termasuk di dalamnya di antaranya adalah gambar, tulisan, dan angka.

  • Desain industri

Desain industri adalah bagian dari sebuah produk yang mencakupi komposisi garis, warna, dan bentuk sehingga memberikan ciri khas tersendiri.

  • Desain tata letak sirkuit terpadu

Sirkuit terpadu merujuk pada produk final ataupun setengah jadi yang di dalamnya terdapat beberapa komponen terpadu yang bersifat elektronik.

  • Rahasia dagang

Rahasia dagang merujuk pada hak untuk memegang informasi yang berkaitan dengan kelangsungan bisnis. Informasi tersebut memiliki nilai ekonomi dan tidak perlu diketahui oleh publik.

  • Indikasi geografis

Hak dengan nilai geografis maksudnya adalah izin untuk melindungi sebuah produk atau jasa yang berasal dari daerah tertentu.

Kesimpulan

Demikian ulasan singkat mengenai macam-macam Haki. Pastikan produk kreasi kamu mendapatkan perlindungan hukum supaya tidak mengalami plagiasi dan pelanggaran lainnya di kemudian hari. Sudah tahu jenis Haki mana yang paling sesuai untuk produk bisnis kamu?

Perlu bantuan seputar  Haki? kamu bisa langsung klik https://legalyn.id/jasa-pendaftaran-merek-haki/ 

Semoga bermanfaat!