International Organization for Standardization atau ISO merupakan salah satu basis tingkat internasional sebagai acuan untuk menentukan kualitas perusahaan atau organisasi. Lebih mudahnya, ISO digunakan sebagai tolok ukur kredibilitas suatu perusahaan, baik dari dalam maupun luar negeri. 

Perusahaan yang sudah memiliki sertifikat ISO akan mempunyai potensi lebih besar untuk menang dalam persaingan di pasar global. Tak jarang, perusahaan membutuhkan bantuan profesional seperti lembaga konsultan yang kredibel. 

Artikel ini akan membahas mengenai peran konsultan sertifikasi ISO dan bagaimana cara tepat untuk memilih lembaga yang aman. Berikut ulasan lengkapnya.

Sertifikasi ISO

Peran Konsultan Sertifikasi ISO

Konsultan ISO memiliki tanggung jawab untuk menjamin suatu perusahaan atau organisasi mengoperasikan sistem manajemennya dengan tepat dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Secara garis besar, berikut ini peran konsultan ISO untuk perusahaan: 

  • Membantu perusahaan atau organisasi memahami ISO. Sangat penting bagi setiap perusahaan untuk memahami ISO dalam implementasi sistem manajemen yang terukur dan terstandar. Ini termasuk ISO 14001, 9001, 37001, 45001, 28000, 16949, dan lainnya. 
  • Memberikan saran dan arahan. Konsultan sertifikasi ISO juga dapat memberikan saran, opini, arahan, dan masukan kepada perusahaan dalam membuat rencana, kebijakan, prosedur, target mutu, dan pengambilan keputusan. Dengan begitu, aktivitas operasional perusahaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
  • Membantu negosiasi. Lembaga ISO tentu memiliki relasi dan menjalin kemitraan dengan pihak yang berwenang dalam penerbitan ISO, yang membuat mereka dapat melakukan negosiasi guna mendapatkan sertifikat ISO.
  • Menyediakan bimbingan pelatihan pada awal konsultasi. Setelah resmi bermitra, biasanya konsultan akan melangsungkan pelatihan saat konsultasi awal. Tujuannya untuk menjamin bahwa perusahaan telah paham sepenuhnya akan semua syarat ISO. 

Selain itu, konsultan maupun lembaga sertifikasi ISO juga membantu perusahaan dalam menjaga sistem manajemen. Hal ini dilakukan dengan mengadakan kunjungan secara rutin ke perusahaan yang telah memiliki sertifikat ISO. 

Tips Memilih Lembaga Sertifikasi ISO yang Tepercaya

Anda mungkin mendapati bahwa makin mudah untuk mengajukan permohonan untuk membuat sertifikasi ISO melalui bantuan lembaga profesional atau konsultan. Akan tetapi, pastikan Anda memilih pihak yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya untuk mengurusnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan: 

1. Pastikan lembaga memberikan pelayanan yang profesional

Hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah layanan yang diberikan, apakah lembaga yang dipilih memang bisa membantu Anda dalam membuat sertifikat ISO. Anda dapat melakukan pengecekan melalui website resmi lembaga atau akun sosial media, perusahaan mana saja yang telah memakai jasa mereka, dan bagaimana kredibilitasnya. 

2. Mudah mengakses layanan

Kecanggihan teknologi tentu membuat akses ke berbagai layanan menjadi lebih mudah. Tidak hanya melalui email, lembaga sertifikasi atau konsultan ISO yang profesional juga sebaiknya menawarkan kemudahan bagi pelanggan untuk dapat mengakses layanan yang ditawarkan melalui kanal lain, seperti aplikasi WhatsApp, Telegram, atau lainnya. 

3. Menawarkan opsi negosiasi

Umumnya, mengurus sertifikat ISO tidak hanya memerlukan satu tahapan. Ini berarti, akan ada biaya lain yang harus Anda siapkan saat menggunakan jasa lembaga atau konsultan ISO untuk mengajukan sertifikasi. 

Lembaga ISO yang tepercaya biasanya menawarkan opsi negosiasi untuk biaya yang dibebankan. Dengan demikian, Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang tinggi untuk mengurus sertifikat ISO untuk perusahaan. 

4. Cek perizinan lembaga

Hal ini tidak kalah pentingnya, mengingat ada banyak lembaga atau konsultan ISO yang menawarkan jasa sertifikasi kepada Anda dengan harga yang cukup variatif. Mengecek izin lembaga akan membuktikan bahwa lembaga atau konsultan tersebut kredibel dan memiliki aktivitas operasional yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. 

Adapun, jenis perizinan yang bisa Anda cek adalah izin usaha perusahaan, nomor induk berusaha, dan jenis lainnya yang memang diperlukan. 

5. Cek ulasan dari pelanggan sebelumnya

Apabila lembaga telah memiliki sejumlah klien sebelumnya, tidak ada salahnya untuk mengecek ulasan atau testimoni yang diberikan. Ini bisa Anda dapatkan dengan mengakses website atau akun sosial media lembaga, apakah lebih banyak pelanggan yang berkomentar positif atau justru sebaliknya. Aspek ini dapat menjadi preferensi tambahan Anda dalam memilih lembaga sertifikasi ISO.

6. Cek layanan pelanggan

Sebuah lembaga atau konsultan ISO yang tepercaya tentu akan memiliki layanan pelanggan. Layanan ini akan memudahkan pelanggan untuk terhubung dengan pihak lembaga atau konsultan apabila memiliki keluhan atau masalah atau jika ingin mendapatkan informasi lain seputar lembaga. 

Memilih konsultan atau lembaga sertifikasi ISO yang tepat adalah langkah krusial dalam perjalanan implementasi standar ISO di perusahaan Anda. Konsultan yang berpengalaman dan terpercaya tentu dapat membantu Anda dalam memahami apa saja persyaratan standar penerbitan ISO sekaligus membantu mengembangkan sistem manajemen yang efektif. 

Apabila Anda memerlukan bantuan lembaga sertifikasi ISO yang tepercaya dan profesional, percayakan langsung pada Legalyn Indonesia. Pesan sekarang di sini.

Konsultasikan dengan Kami untuk informasi lebih lanjut
Form Whatsapp