Sertifikat Jasa Konstruksi atau Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi lebih dari sekadar bukti legalitas, tetapi juga menunjukkan kompetensi dan kredibilitas bisnis jasa konstruksi Anda. Selain itu, SBUJK juga dipakai sebagai syarat membuat Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) dan dokumen penting untuk memenangkan tender proyek-proyek besar.

Mengurus sertifikasi jasa konstruksi terbilang rumit karena membutuhkan banyak dokumen persyaratan. Anda juga mungkin menghadapi beberapa hambatan yang membuat proses pengajuan sertifikasi tidak kunjung selesai. Simak ulasan singkat beserta solusinya berikut ini.

  • Kurangnya dokumen pendukung

Sertifikat Jasa Konstruksi

Anda mungkin kurang teliti atau tidak menyiapkan dengan baik dokumen yang diperlukan, seperti NPWP, Akta Pendirian, Sertifikat Ahli, sertifikat ISO, dan lainnya. Solusinya, luangkan waktu di depan untuk mengumpulkan semua dokumen.

  • Proses administrasi rumit

Sertifikat Jasa Konstruksi

Kompleksnya proses administrasi memang bisa menjadi hambatan utama, apalagi bila Anda tidak memahami dengan baik atau tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Apa solusinya? Ikuti langkah-langkahnya dengan teliti atau minta bantuan dari profesional bila diperlukan.

  • Proses memakan waktu lama

Sertifikat Jasa Konstruksi

Lamanya proses pembuatan Sertifikat Jasa Konstruksi bisa menjadi kendala, apalagi bila ada keterlambatan pengajuan dokumen atau proses verifikasi. Salah satu solusi efektif adalah ajukan dokumen sesegera mungkin, perhatikan estimasi waktu penyelesaian, dan ambil tindakan proaktif bila Anda memerlukan sertifikat ini sesegera mungkin.

  • Perubahan regulasi

Sertifikat Jasa Konstruksi

Bagaimana bila ada perubahan regulasi yang berpotensi membuat Anda bingung? Solusinya, pantau selalu perubahan regulasi dan pastikan bahwa setiap dokumen sesuai dengan peraturan terbaru. Jangan lupa, hanya ambil informasi dari sumber kredibel.

  • Teknologi dan sistem tidak memadai

Sertifikat Jasa Konstruksi

Pengadaan dan pengetahuan teknologi serta sistem yang kurang memadai bisa menghambat proses pengurusan SBU Jasa Konstruksi. Bila sudah begini, solusinya adalah memastikan bahwa sistem dan teknologi yang perusahaan Anda gunakan telah memenuhi standar dan segera atasi kendala teknis (bila ada).

  • Kurang pemahaman

Sertifikat Jasa Konstruksi

Bila belum ada pengalaman sebelumnya, urusan pengajuan SBUJK bisa menjadi super rumit. Ditambah lagi, bila Anda tidak terlalu memahami proses dan persyaratan lengkapnya. Solusi paling efisien adalah dengan menggunakan jasa pembuatan Sertifikat Jasa Konstruksi profesional seperti Legalyn.

Tidak perlu khawatir akan enam kendala di atas atau kendala lainnya. Mulai dari pengumpulan data dan dokumen, hingga pengecekan status terbaru proses Anda; membuat SBUJK menjadi lebih mudah dengan bantuan Legalyn. Urus SBU Jasa Konstruksi? Hubungi Legalyn sekarang!

Hubungi Whatsapp Kami