Sertifikat ISO ada banyak macamnya. Salah satu di antaranya yang patut dimiliki oleh perusahaan adalah ISO 9001. Lalu, apa beda ISO 9001 dengan sertifikat ISO lainnya? Apa fungsi atau manfaatnya bagi perusahaan? Yuk, simak ulasan berikut ini agar lebih paham soal ISO 9001!

Apa Itu ISO 9001?

Pada dasarnya, ISO 9001 adalah sebuah standar internasional untuk sistem manajemen mutu yang berfokus pada kepuasan pelanggan. Ini menjadi standar mutu yang paling umum digunakan oleh perusahaan penyedia produk dan layanan jasa.

Menurut sejarahnya, ISO 9001 sendiri telah melalui empat kali upgrade. Revisi atau upgrade pertamanya terjadi pada tahun 1994, lalu dilakukan kembali pada tahun 2000, tahun 2008, dan yang terbaru adalah di tahun 2015. 

Pentingnya Sertifikat ISO 9001 Bagi Perusahaan

Setiap usaha yang ingin tumbuh sudah seharusnya mengadopsi sistem manajemen mutu ISO 9001. Pasalnya, standar tersebut telah terbukti dapat membawa manfaat berikut ini bagi pertumbuhan suatu bisnis.

1. Menjadi Jaminan Kualitas bagi Suatu Produk atau Layanan Jasa

ISO 9001 dapat memberikan jaminan terhadap kualitas dan mutu suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Pada akhirnya, ini akan membantu dalam meningkatkan daya saing produk atau jasa Anda di pasar. 

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan, Mitra Bisnis, dan Stakeholder

Dengan menerapkan sistem manajemen ISO 9001, perusahaan tidak cuma bisa menaikkan tingkat kepercayaan pelanggannya, tetapi juga mitra bisnis dan para pemangku kepentingan. 

3. Menyediakan Sistem Manajemen yang Lebih Efektif

ISO 9001 dapat membantu perusahaan dalam menstandarkan sistem manajemennya. Dengan demikian, mulai dari proses bisnis, kebijakan, dan prosedur di perusahaan dapat terorganisir dan terdokumentasi secara baik.

4. Memantau Proses Bisnis Secara Optimal

Dengan menerapkan standar ini, perusahaan dapat mengendalikan dan memonitor alur proses bisnis mereka dengan lebih efektif. Artinya, setiap tahap dalam proses produksi atau pelayanan usaha mereka dapat diawasi secara cermat serta terjamin keberlangsungannya.

5. Memastikan Adanya Peningkatan Kinerja di Perusahaan 

Dengan mengadopsi standar ISO 9001, perusahaan juga dapat meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan. Hal ini terutama berdampak pada penerapan proses operasional dan manajemen yang jadi lebih baik.

6. Menjadi Alat untuk Mengukur Kinerja Perusahaan

Sertifikasi ISO 9001 dapat memberikan indikator yang berguna untuk bahan evaluasi dan perbaikan kinerja perusahaan. Bila standar tersebut diterapkan secara benar, kinerja perusahaan tentu akan ikut terdongkrak. 

7. Memiliki Arah Tujuan yang Lebih Terukur dan Terarah

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ISO 9001, perusahaan dapat mengarahkan tujuannya secara lebih terukur. Di sisi lain, tujuan yang terukur juga bisa menjadi landasan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. 

Demikian ulasan tentang pentingnya memiliki ISO 9001 untuk perusahaan. Untuk memudahkan pengajuan sertifikasi ISO 9001, Anda dapat menggunakan layanan dari Legalyin Indonesia, yang sudah terbukti berpengalaman dalam membantu proses pengajuan dari awal hingga akhir.