ISO 37001 merupakan salah satu sertifikat penting mengenai sistem manajemen antipenyuapan yang perlu dimiliki oleh perusahaan atau organisasi. Sertifikat ini merupakan turunan dari ISO 309, sertifikat mengenai Tata Kelola Organisasi (Governance of Organization).

Lantas, apa sebenarnya ISO 37001? Apa manfaat memiliki sertifikat ISO 37001? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang ISO 37001

ISO 37001 dikenal sebagai standar internasional Sistem Manajemen Antisuap yang bertujuan memberikan kepastian pada perusahaan atau organisasi dalam upaya pencegahan, mendeteksi, dan mengurangi risiko korupsi. 

Sertifikat yang dikeluarkan tahun 2016 dirancang untuk mengatur Anti-Bribery Management System (ABMS) menggunakan pendekatan proses. Penerapan ISO 37001 diharapkan mampu mengurangi risiko pengeluaran keuangan perusahaan yang terindikasi penyuapan. 

Kerangka kerja ISO 37001 juga akan membantu perusahaan mengendalikan praktik penyuapan dengan cara melakukan pelatihan antisuap dan pengawasan ketat terhadap aliran dana perusahaan.

Standar tersebut akan membantu perusahaan dan organisasi mengendalikan praktik penyuapan dengan sejumlah langkah, yakni:

  • Menetapkan kebijakan antipenyuapan.
  • Penunjukan petugas khusus yang berwenang mengawasi kepatuhan perusahaan dan karyawan terhadap praktik antipenyuapan. 
  • Pembinaan dan pelatihan pada karyawan maupun anggota organisasi untuk membantu mengurangi risiko kasus penyuapan.

Standar ISO 37001 menerapkan pendekatan berbasis risiko sehingga perusahaan maupun organisasi dapat menentukan langkah pengendalian yang tepat pada mitra bisnis dan pihak terkait lainnya. 

Manfaat ISO 37001 

iso 37001

Adapun manfaat penerapan ISO 37001 bagi perusahaan maupun organisasi, di antaranya:

  • Meningkatkan reputasi dan kredibilitas perusahaan di mata pemangku kepentingan maupun publik terkait upaya pencegahan penyuapan.
  • Memberikan dorongan pada perusahaan untuk menangani risiko penyuapan secara sistematis dan terstruktur.
  • Berbekal pendekatan berbasis risiko serta Plan Do Act Check, sertifikat ini dapat memfasilitasi pengembangan perusahaan ataupun organisasi secara berkelanjutan.
  • Membantu perusahaan memenuhi peraturan dan syarat hukum terkait pencegahan serta penanganan tindakan penyuapan.
  • Meminimalisasi risiko terjadinya kerugian secara finansial, hukum, maupun penurunan reputasi yang disebabkan adanya tindakan penyuapan.
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan dengan cara mengurangi gangguan akibat tindakan penyuapan.
  • Meningkatkan kepercayaan sekaligus kepuasan mitra bisnis dan pelanggan terkait komitmen perusahaan untuk mencegah serta menangani tindakan penyuapan.
  • Penerapan ISO 37001 secara tidak langsung akan menumbuhkan kesadaran dan pemahaman pada karyawan terkait pentingnya tindakan pencegahan dan penanganan kasus penyuapan di lingkungan kerja.

Sistem ISO 37001 tak hanya bisa diintegrasikan dengan sistem manajemen yang digunakan perusahaan, tetapi juga dapat berdiri sendiri. Mengingat sertifikat ini sangat fleksibel, segera lakukan pengurusan ISO 37001. Hubungi Legalyn untuk mendapatkan layanan pembuatan sertifikat ISO harga terjangkau, aman, dan cepat.