Apa pun ukuran atau produknya, semua produsen pangan mempunyai tanggung jawab untuk mengelola keamanan produknya dan kesejahteraan konsumennya. Itu sebabnya International Organization for Standardization atau ISO menetapkan standar ISO 22000. Sebab, efek samping dari konsumsi makanan yang tidak aman bisa sangat serius. 

Standar manajemen keamanan pangan ISO membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengendalikan bahaya keamanan pangan. Berlaku untuk semua produsen, ISO 22000 memberikan jaminan keamanan dalam rantai pasokan pangan sekaligus menghadirkan makanan yang aman untuk dikonsumsi. 

Manfaat Penerapan ISO 22000

ISO 22000 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan dan dapat disertifikasi. Panduan ini memetakan apa yang perlu dilakukan perusahaan untuk menunjukkan kemampuannya mengendalikan bahaya keamanan pangan guna memastikan bahwa pangan aman. Secara keseluruhan, berikut manfaat penerapan ISO 22000 bagi perusahaan: ​

  • Jaminan keamanan pangan

Perusahaan dapat memberikan jaminan terkait keamanan produk pangan yang dibuat. Tak sebatas membuat produk yang bagus, perusahaan juga memastikan jaminan kualitas produk yang dihasilkan. Ini karena penerapan sistem ISO memiliki tujuan utama agar perusahaan dapat menjamin keamanan dari hasil produk pada industri pangan. 

  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Dengan membuat produk pangan yang bermutu tinggi karena implementasi sistem tersebut, perusahaan akan mendapatkan kepercayaan dan kepuasan dari pelanggan yang lebih besar lagi. 

Hal ini akan berdampak pada peningkatan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Selain itu, tingginya kepercayaan pelanggan yang tinggi membuat mereka tidak berpaling dari produk Anda dan cenderung merekomendasikan pada orang terdekat. 

  • Peningkatan produktivitas

Penerapan ISO 22000 atau sistem manajemen kualitas pangan juga secara tidak langsung dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas para karyawan. Dengan begitu, efisiensi kerja setiap karyawan dalam perusahaan pun terjaga. 

Ini karena ISO 22000 membantu perusahaan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko yang terkait dengan keamanan pangan. Dengan manajemen risiko yang efektif, perusahaan dapat mengurangi potensi gangguan operasional dan meningkatkan keberlanjutan proses produksi.

  • Komunikasi yang lebih baik dan terorganisasi

Dalam aspek komunikasi, implementasi standar ISO 22000 juga membantu berbagai pihak untuk menjalin kerja sama yang lebih kuat lagi serta saling mengingatkan. Misalnya, komunikasi perusahaan kepada pihak pemasok bahan baku untuk selalu menyediakan bahan berkualitas dan mengingatkan jika terjadi penurunan pada kualitas bahan yang diberikan. 

  • Peningkatan etos kerja sumber daya manusia 

Manfaat lainnya pada perusahaan yang menerapkan sistem manajemen ISO 22000 adalah peningkatan etos kerja dari sumber daya manusia yang terlibat dalam perusahaan. Anda bisa mengamati aspek ini dari performa masing-masing karyawan yang menjadi lebih efektif, efisien, dan terarah. 

  • Peningkatan reputasi perusahaan

Sertifikasi ISO 22000 dapat memberikan sinyal yang positif kepada konsumen bahwa perusahaan serius dalam menjaga keamanan produk pangan yang dibuat. Ini dapat meningkatkan reputasi dan citra merek, yang pada gilirannya dapat mendukung penjualan dan pertumbuhan produktivitas.

Dengan memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berkaitan dengan keamanan pangan, perusahaan dapat terhindar dari sanksi hukum dan gangguan operasional yang bisa merugikan produktivitas. Jika Anda memerlukan jasa sertifikasi ISO 22000 untuk perusahaan, jangan ragu untuk segera menghubungi Legalyn.id.