Perusahaan kini diharapkan memiliki sistem manajemen yang dapat mengatasi berbagai masalah lingkungan, termasuk yang berkaitan dengan pencemaran, penggunaan sumber daya energi, dan pelestarian lingkungan. 

Dalam hal ini, ISO 14001 dinilai dapat menjadi solusi untuk mendorong perusahaan agar dapat menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik dan terjaga. Oleh karena itu, yuk gali lebih jauh soal apa itu ISO 14001 dan apa manfaatnya bagi perusahaan. 

Apa Itu ISO 14001?

Pada dasarnya, ISO 14001 adalah sebuah standar internasional yang memberikan pedoman manajemen lingkungan. Dengan menerapkan sistem manajemen lingkungan ini, perusahaan pun dapat membuat dan menerapkan kebijakan yang mendukung praktik bisnis yang bertanggung jawab dan bersifat berkelanjutan terhadap lingkungan.

Manfaat ISO 14001 bagi Perusahaan

Tentunya, penerapan ISO 14001 tidak cuma berguna untuk menjaga kelestarian alam saja. Namun, sistem manajemen lingkungan ini juga dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan yang menerapkannya. Apa saja? Yuk disimak!

1. Menjadi Bukti Kepatuhan Hukum

Undang-undang mewajibkan perusahaan untuk menjaga dan melindungi lingkungan dari dampak negatif kegiatan industri. Dalam hal ini, ISO 14001 dapat menjadi instrumen yang efektif untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi persyaratan hukum yang berlaku, khususnya yang terkait dengan pelestarian lingkungan.

2. Meningkatkan Citra Perusahaan

Di sisi lain, sertifikasi ISO 14001 juga sangat membantu dalam meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Karena dengan memiliki sertifikasi ini, perusahaan terbukti menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

3. Mengurangi Biaya Produksi

Dengan menerapkan standar ISO 14001, artinya perusahaan memiliki kesadaran yang besar dalam menjaga kelestarian lingkungan. Maka dalam praktiknya, perusahaan yang sudah mengantongi ISO jenis ini selalu berkomitmen untuk menggunakan bahan baku secara lebih efisien. Hal tersebut pada akhirnya bisa mengurangi biaya produksi.

4. Mengurangi dan Mengatasi Risiko Lingkungan

Sertifikasi ini juga dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengatasi risiko lingkungan yang mungkin timbul selama kegiatan operasional mereka. Ini juga penting karena dapat menghindarkan perusahaan dari adanya risiko pelanggaran dan potensi sanksi hukum akibat kelalaian menjaga lingkungan.

5. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen dan Memperluas Pangsa Pasar

Saat ini, makin banyak konsumen yang peduli terhadap dampak lingkungan dari produk atau layanan jasa yang mereka gunakan. Sertifikasi ISO 14001 dapat memberikan jaminan bahwa perusahaan yang konsumen pilih memang benar-benar berkomitmen untuk mengurangi dampak negatif bisnis mereka terhadap lingkungan. 

Hal ini tidak cuma dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, tetapi juga membantu dalam memperbesar pangsa pasar bisnis Anda. Pasalnya, bisnis Anda jadi berpeluang untuk dilirik oleh konsumen yang hanya tertarik pada produk atau layanan yang ramah lingkungan. 

Demikian ulasan seputar apa itu ISO 14001 dan manfaatnya bagi perusahaan. Untuk kemudahan pengurusan sertifikat ISO 14001, memanfaatkan layanan Legalyn Indonesia bisa menjadi solusi yang tepat. Selain itu, Legalyn Indonesia juga menyediakan berbagai layanan pengurusan perizinan usaha yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.