Sudah selayaknya produk maupun jasa yang berkualitas mendapatkan Haki. Pasalnya, hak ini akan memberikan banyak manfaat untuk para kreator dan badan usaha pemilik produk.

Lantas, apa saja jenis kreasi yang bisa didaftarkan untuk memperoleh Haki? Artikel ini akan membahas beberapa jenis beserta contoh Haki lengkap dengan hasil kreasinya.

Manfaat Haki untuk Dunia Bisnis

Menurut Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, HAKI adalah perizinan yang diberikan pada kreator yang fungsinya memberi perlindungan hukum terhadap kekayaan intelektual.

Selain itu, kepemilikan Haki juga mendatangkan berbagai keuntungan untuk dunia bisnis. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya:

  1. Memberikan kepastian hukum.
  2. Melindungi produk dan jasa dari berbagai macam tindakan, seperti plagiasi, pemalsuan, juga sengketa.
  3. Membantu membangun citra positif untuk kreator dan perusahaan.

Haki tidak hanya diperuntukkan untuk bisnis skala besar. UMKM pun sebaiknya mendaftarkan kreasinya untuk mendapat Haki. Dengan adanya perizinan tersebut, usaha kecil menengah memiliki kesempatan lebih besar untuk memajukan bisnisnya.

Jenis-jenis Haki

contoh haki

Kita mengenal dua jenis Haki yaitu hak cipta dan hak kekayaan industri. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Hak cipta

Hak ini adalah perizinan yang diberikan pada pencipta atau pemilik produk untuk membuat pengumuman ataupun memperbanyak barang ciptaannya. Dalam penerapannya mereka tetap harus menaati ketentuan yang berlaku.

2. Hak kekayaan industri

Hak kekayaan industri adalah perlindungan yang diberikan kepada perusahaan dari tindakan penyalahgunaan di ruang lingkup industri. Salah satu contoh tindakan tersebut adalah plagiarisme.

Ada beberapa macam hak kekayaan industri yaitu:

  • Paten 

Paten adalah izin eksklusif yang diberikan kepada pihak-pihak yang berhasil mengatasi masalah dengan menggunakan teknologi.

  • Merek

Izin merek meliputi identitas sebuah produk seperti gambar dan tulisan yang menjadi pembeda dengan produk lainnya.

  • Desain industri

Izin ini meliputi komposisi garis warna dan bentuk yang menjadi bagian sebuah produk.

  • Desain rancangan sirkuit terpadu

Tata letak sirkuit terpadu adalah produk yang memiliki komponen-komponen rangkaian terpadu yang memiliki sifat elektronik.

  • Rahasia dagang

Rahasia dagang adalah izin untuk memegang informasi mengenai bisnis yang memiliki nilai ekonomi. 

  • Identitas geografis

Pertimbangan geografis digunakan untuk melindungi suatu barang ataupun layanan yang berasal dari daerah tertentu.

Contoh Hasil Kreasi yang Bisa Mendapat Haki

Berikut contoh-contoh hasil ciptaan yang mendapat perlindungan Haki.

  1. Hak cipta: buku, pidato, alat peraga, lagu, drama, desain arsitektur berbagai macam karya seni, hasil fotografi, hasil terjemahan, dan sebagainya.
  2. Rahasia dagang: informasi mengenai proses produksi pengolahan penjualan dan lainnya yang tidak boleh diketahui oleh publik. 
  3. Hak tata letak sirkuit: komponen chip pada komputer.

Demikian ulasan mengenai contoh Haki beserta macam produk yang dilindungi. Butuh informasi mengenai pendaftaran Haki? Silakan kunjungi https://legalyn.id/jasa-pendaftaran-merek-haki/ .