Hak kekayaan intelektual memang menguntungkan untuk kelangsungan sebuah bisnis. Namun, pelaku usaha harus tahu bahwa ada prinsip Haki yang manfaatnya lebih dari sekadar keuntungan perusahaan.

Artikel ini akan mengulas prinsip-prinsip tersebut beserta manfaatnya.

Apa yang Dimaksud dengan Haki?

HAKI adalah pemberian hak kepada kreator sebuah produk ataupun jasa untuk melindungi hasil kreasinya. Dengan kepemilikan Haki, kita tidak perlu khawatir mengenai ancaman plagiarisme, pemalsuan, dan penyalahgunaan lainnya.

Selain perlindungan hukum, pemberian Haki juga bisa dianggap sebagai penghargaan terhadap ide, waktu dan kerja keras yang sudah tercurah untuk menciptakan sebuah inovasi.

Apa Saja Prinsip Haki?

prinsip haki

Ternyata ada beberapa prinsip Haki dalam setiap pemberian izin. Prinsip-prinsip ini tidak hanya sekadar mengatur perlindungan hukum dan potensi keuntungan dari produk dan jasa yang mendapatkan hak kekayaan intelektual.

Lalu, apa saja prinsip-prinsip tersebut?

1. Prinsip ekonomi

Artinya Haki berasal dari kreasi pencipta yang akan mendatangkan nilai ekonomi bagi dirinya.

2. Prinsip keadilan

Prinsip keadilan berarti pembuat karya diberikan perlindungan hukum untuk mendapatkan hak intelektual atas kreasi yang ia ciptakan.

3. Prinsip kebudayaan

Prinsip kebudayaan maksudnya adalah, melalui kreasi intelektual yang dibuat akan tercipta peningkatan peradaban dan taraf kehidupan. Selain itu penciptaan tersebut akan mendatangkan manfaat bagi bangsa dan negara.

4. Prinsip sosial 

Prinsip sosial berkaitan dengan kepentingan warga negara. Dalam hal ini, pencipta kreasi akan diberikan haknya berupa perlindungan kekayaan intelektual. Hal tersebut merupakan sebuah kesatuan yang harus terpenuhi.

Apa Saja Tujuan Haki?

Sementara itu, haki juga memiliki beberapa tujuan selain perlindungan intelektual. Dirangkum dari berbagai sumber, tujuan HAKI adalah:

  1. Memberikan kepastian hukum kepada kreator mengenai produk yang ia ciptakan dengan penghargaan yang layak ia dapatkan.
  2. Memberikan bentuk penghargaan untuk orang-orang yang telah membuat kreasi dan inovasi.
  3. Memberi jalan untuk mempublikasikan promosi produk.
  4. Memberi perlindungan terhadap risiko peniruan, pemalsuan, dan bentuk pelanggaran lainnya. Pasalnya, pencipta memiliki bukti hukum yang kuat sebagai pembuat barang dan jasa.

Jadi pemberian Haki tidak hanya meliputi soal kekayaan intelektual. Namun, ada 4 prinsip Haki yang juga memperhatikan aspek-aspek lain yaitu ekonomi, keadilan, kebudayaan, dan sosial.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan produk bisnis kamu supaya mendapatkan Haki yang banyak manfaatnya. Butuh bantuan seputar pendaftaran hak kekayaan intelektual? Klik saja https://legalyn.id/jasa-pendaftaran-merek-haki/.

Semoga menginspirasi!