Di Indonesia, ada dua jenis sekolah yang diakui pemerintah, yaitu sekolah swasta dan negeri. Jika sekolah negeri berada langsung di bawah naungan Dinas Pendidikan, maka sekolah swasta wajib bernaung di bawah sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan memiliki legalitas terkait.

Meskipun sudah jadi pengetahuan umum, ternyata masih banyak yang belum memahami bahwa keberadaan yayasan pendidikan untuk menaungi sebuah sekolah itu penting. Praktik yang sering ditemukan di lapangan adalah, yayasan sosial atau masyarakat membangun sebuah sekolah swasta tetapi tidak memiliki legalitas sebagai yayasan pendidikan.

Syarat Mendirikan Yayasan Pendidikan

Sebagai informasi, berikut beberapa syarat pendirian yayasan pendidikan serta dokumen yang harus dipersiapkan sebagai bahan rujukan. 

Syarat Pendirian

Untuk menjadi sebuah yayasan pendidikan, sebuah yayasan wajib memenuhi sejumlah persyaratan, yaitu:

  1. Didirikan oleh satu orang atau lebih dan mereka yang tergabung dalam organisasi secara struktural (ketua, wakil, sekretaris, pembina, dsb) wajib membagi harta kekayaan mereka. Harta yang disisihkan tersebut akan tercatat sebagai kekayaan awal yayasan.
  2. Yayasan sudah harus memiliki struktur organisasi yang terdiri dari pembina, pengurus, dan pengawas.
  3. Yayasan tidak diperkenankan menggunakan nama yang secara sah telah digunakan oleh yayasan lain. Selain itu, yayasan tidak diperkenankan untuk beroperasi dengan melanggar ketertiban umum ataupun norma susila yang berlaku di masyarakat.
  4. Pendirian yayasan wajib dilakukan melalui akta notaris dan menggunakan Bahasa Indonesia.

Dokumen Pendirian Yayasan

Selain persyaratan di atas, untuk mendirikan sebuah yayasan pendidikan Anda juga membutuhkan sejumlah dokumen pelengkap. Adapun dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pembina, pengawas dan pengurus yayasan pendidikan
  2. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pembina, pengawas dan pengurus yayasan pendidikan
  3. Fotocopy bukti kepemilikan atau sewa domisili yayasan (bisa berupa akta atau sertifikat)
  4. Surat Pengantar RT dan RW sesuai domisili yayasan pendidikan
  5. Surat yang menyatakan persetujuan pendirian yayasan pendidikan dari mereka yang tercantum dalam struktur organisasi
  6. Modal pendirian yayasan

Itulah sejumlah syarat pendirian yayasan pendidikan yang perlu Anda ketahui. Terlihat rumit, tetapi Anda tidak perlu risau. Apabila persyaratan di atas dirasa membingungkan, Legalyn menawarkan solusi terbaik mereka. Sebagai informasi, Legalyn merupakan biro jasa yang menyediakan layanan all in pendirian yayasan pendidikan. 

Dalam layanannya, Legalyn juga menyediakan jasa konsultasi gratis agar Anda bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana prosedur pendirian yayasan. Untuk informasi lebih lengkap tentang syarat pendirian yayasan pendidikan, Anda bisa berkunjung ke sini dan menghubungi kontak tertera. Semoga bermanfaat.