SIUJPT adalah salah satu dokumen yang seringkali menjadi pusat perhatian calon konsumen dalam memilih jasa kendaraan. Kehadirannya memang tak bisa dianggap remeh, sebab SIUJPT memiliki dampak yang signifikan pada keberlangsungan bisnis.

Lantas apa sebenarnya SIUJPT ini? Mengapa bisa surat ini sangat penting bagi para pelaku usaha di bidang transportasi? Bagaimana pula cara mendapatkan izin semacam ini? Penasaran? Yuk, langsung saja simak penjelasan lengkapnya hanya di sini!

SIUJPT Adalah Apa?

SIUJPT merupakan kepanjangan dari Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi.  Surat tersebut adalah bentuk persetujuan dari pemerintah provinsi sebagai bukti legalitas bahwa pemilik usaha terdaftar dapat menjalankan apapun bentuk bisnis transportasi yang disetujui. 

Berbekal SIUJPT, perusahaan diperbolehkan untuk melakukan semua kegiatan pengiriman serta penerimaan barang baik melalui transportasi darat, laut, maupun udara.

Seorang yang memiliki usaha transportasi, misalnya pengantaran barang memang sangat membutuhkan Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi. Jika tidak memilikinya, sangat berisiko terkena sanksi hukum yang melibatkan denda sangat besar. 

Bagi yang masih bingung bagaimana cara untuk memprosesnya atau tidak ingin ribet, solusinya adalah menggunakan jasa pembuatan SIUJPT. 

Syarat Pengajuan SIUJPT

Saat akan mengajukan SIUJPT, ada beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan untuk mempercepat prosesnya. Tidak berlama-lama, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini:

  • SK Kemenkumham dan AKTA Notaris 
  • NPWP  dan KTP Direksi dan Pemegang Saham
  • NPWP Badan
  • Tenaga Ahli berkewarganegaraan Indonesia dengan minimal pendidikan D3 dalam bidang pelayaran/ maritim/ penerbangan/ transportasi/ IATA Diploma/ FIATA Diploma, S1 Logistik atau bisa juga sertifikat kompetensi dalam bidang terkait.
  • Menyediakan modal dasar maksimal 1,2 M dan minimal 25% dari modal dasar. 
  • Memiliki sertifikat kepemilikan kantor sendiri atau bukti sewa minimal telah berjalan 2 (dua) tahun
  • Mempersiapkan dokumen penguat, seperti keterangan memiliki atau menguasai lahan parkir atau pool, keterangan memiliki atau menguasai kendaraan operasional minimal roda 4 (empat), dan mencakup adanya integrasi antara sistem perangkat lunak dan perangkat keras, serta sistem informasi dan komunikasi dengan sistem transportasi darat, laut, udara, dan kereta api sesuai dengan perkembangan teknologi.

Sebelum memulai bisnis transportasi, kamu perlu mengetahui SIUJPT adalah. Hal itu menentukan apakah bisnis transportasi nantinya berjalan lancar atau malah terkena masalah hukum. Agar lebih simpel dan tidak perlu ribet memproses SIUJPT, gunakan jasa dari Legalyn!

Hubungi Whatsapp Kami