Konstruksi adalah salah satu sektor yang berperan penting dalam pembangunan negara. Sektor ini juga berdampak besar terhadap lingkungan sehingga perlu upaya terstruktur untuk mengurangi dampak negatifnya, seperti praktik konstruksi berkelanjutan.

Penerapan praktik konstruksi berkelanjutan oleh perusahaan konstruksi tentu harus memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi dalam tahapan pembangunan. Maka, sertifikat jasa konstruksi berkelanjutan hadir sebagai bentuk pengakuan atas upaya suatu perusahaan. 

Sertifikat Jasa Konstruksi Berkelanjutan

Sertifikat Jasa Konstruksi

Mengacu pada Permen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 14 Tahun 2020, konstruksi berkelanjutan adalah suatu pendekatan dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan untuk menciptakan fasilitas fisik sesuai kriteria dan tujuan ekonomi, sosial, serta lingkungan pada masa kini dan masa mendatang. 

Konstruksi berkelanjutan memprioritaskan penggunaan bahan ramah lingkungan, seperti kayu dari hutan yang dikelola dengan lestari, bambu, dan bahan daur ulang. Penerapan teknologi energi terbarukan juga penting dalam mengurangi dampak lingkungan, misalnya panel surya dan pengolahan air limbah.

Dalam praktik di lapangan, perusahaan konstruksi perlu menggandeng pihak lokal untuk mengembangkan dan membangun proyek. Tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga mendongkrak ekonomi lokal, serta membantu mengatasi kesenjangan sosial dan ekonomi.

Namun, konstruksi berkelanjutan membutuhkan biaya awal lebih tinggi dibandingkan konstruksi tradisional. Lalu, masih banyak kalangan yang belum memahami konsep ini dan kesadaran masyarakat tentang lingkungan belum terbentuk sepenuhnya. Itu sebabnya pemerintah dan organisasi lingkungan aktif memberikan insentif dan sertifikasi pada proyek ramah lingkungan.

Secara khusus, perusahaan konstruksi yang telah menerapkan prinsip keberlanjutan dapat mengantongi sertifikat jasa konstruksi keberlanjutan. Bentuk pengakuan ini hadir sebagai bentuk pernyataan komitmen perusahaan untuk menerapkan praktik konstruksi yang ramah lingkungan dalam setiap tahapan pembangunan.

Mengapa Perusahaan Konstruksi Harus Memiliki Sertifikat Jasa Konstruksi Berkelanjutan?

Sertifikat Jasa Konstruksi

Kepemilikan sertifikat jasa konstruksi berkelanjutan dapat memberi beberapa manfaat bagi perusahaan, antara lain:

  • Memenuhi kelengkapan persyaratan tender proyek pembangunan ramah lingkungan
  • Meningkatkan kesempatan memperoleh kontrak kerja
  • Mendorong efisiensi dan efektivitas pemakaian sumber daya
  • Mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan melalui praktik konstruksi yang nyata
  • Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap badan usaha jasa konstruksi tersebut.

Pertanyaan berikutnya, bagaimana cara mengurus sertifikat tersebut?

Mengurus Sertifikat Jasa Konstruksi

Sertifikat Jasa Konstruksi

Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK) adalah lisensi atau sertifikat resmi yang diterbitkan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) kepada perusahaan yang berhasil memenuhi kualifikasi bidang jasa konstruksi. SBUJK meliputi dua kategori sesuai bidang usaha dan keahlian perusahaan, yakni SBUJK Perencanaan atau Konsultan Konstruksi dan SBUJK Pelaksanaan Konstruksi.

Perusahaan yang disertifikasi SBUJK memperoleh pengakuan atas kemampuan menjalankan proyek konstruksi skala kecil, menengah, maupun besar sesuai kualifikasi yang telah diverifikasi LPJK. Kepemilikan SBUJK juga menguntungkan dari sisi pajak karena tarif PPh final lebih rendah. 

Namun, untuk mengantongi SBUJK, perusahaan harus menyiapkan sejumlah dokumen, antara lain:

  1. Sertifikat Keahlian (SKA) yang akan ditetapkan dan bertindak sebagai Penanggung Jawab Kualifikasi (PJK) dan Penanggung Jawab Teknik (PJT)
  2. KTA Asosiasi, perusahaan terdaftar sebagai anggota asosiasi jasa konstruksi yang terakreditasi LPJK nasional
  3. Sertifikat Badan Usaha (SBU) sebagai bukti perusahaan jasa konstruksi mempunyai klasifikasi dan kualifikasi usaha dalam bidang tersebut.

Terdengar rumit? Mau tak mau, pengurusan SBUJK harus dilakukan mengingat perusahaan Anda bergerak di bidang jasa konstruksi. Apalagi, jika Anda berniat memenangkan proyek atau tender pembangunan konstruksi berkelanjutan. 

Kabar baiknya, Anda dapat mempercayakan pengurusan sertifikat jasa konstruksi berkelanjutan kepada Legalyn. Telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM, Legalyn menawarkan berbagai layanan jasa legalitas untuk semua jenis bisnis.

Yuk, hubungi Legalyn sekarang dan diskusikan kebutuhan Anda bersama kami!

Hubungi Whatsapp Kami