Sistem Online Single Submission (OSS) merupakan sistem elektronik yang terintegrasi untuk penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. OSS system dikelola dan diselenggarakan oleh Lembaga OSS. Saat ini setiap perusahaan perlu mendapatkan sertifikasi standar OSS sesuai dengan tingkat risiko usahanya.

Keberadaan sistem OSS ini sendiri merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan iklim yang lebih kondusif bagi para pelaku usaha di Indonesia. Kehadiran OSS membuat proses perizinan menjadi lebih cepat. Dibandingkan versi sebelumnya, saat ini sudah hadir OSS RBA (Risk Based Approach) yang lebih canggih dan sempurna.

Teknologi dalam Sertifikasi Standar OSS System

Sertifikasi Standar OSS

Kecanggihan sistem ini tidak hadir begitu saja. Ada beberapa teknologi yang disematkan ke dalamnya agar bisa bekerja maksimal dalam membantu menerbitkan sertifikat standar. Setidaknya ada 2 jenis penerapan teknologi yang membuat sistem ini mengubah iklim berusaha di Indonesia yakni:

  • Blockchain

Teknologi satu ini mulai banyak diterapkan oleh perusahaan di berbagai sektor. Ada cukup banyak manfaat yang diperoleh dari penerapan teknologi ini. Untuk sistem OSS sendiri, teknologi blockchain bisa membuat sistem lebih transparan. Perekaman dan penyimpanan data berjalan secara transparan dan tidak dapat diubah. 

Selain itu, sistem penyimpanan data yang terdesentralisasi membuat proteksi data yang lebih baik karena terdapat opsi enkripsi data. Uniknya, teknologi blockchain juga dapat membantu memastikan keaslian dan integritas dokumen.

  • Kecerdasan Buatan

Selain teknologi blockchain, sistem OSS juga menggunakan artificial intelligence yang membantu pencarian data lebih cepat dan akurat. Apalagi sistem OSS memang terintegrasi dari berbagai sumber data seperti perizinan lingkungan, keuangan, ketenagakerjaan, hingga perpajakan. 

Kumpulan data dari berbagai sumber membuat penyelenggara sistem bisa mengidentifikasi perusahaan sesuai risiko dan memberi skor yang sesuai. Tujuannya agar pemerintah bisa memberikan pengawasan lebih ketat terhadap perusahaan dengan risiko lebih tinggi.

Teknologi ini juga membuat proses sertifikasi standar OSS RBA lebih efektif dan efisien daripada sistem manual atau OSS versi sebelumnya. Semakin cepat prosesnya, maka semakin banyak pula pelaku usaha yang tertarik untuk mendaftar. 

Beberapa perusahaan mungkin butuh bantuan untuk mendapat sertifikat standar karena perbedaan risiko. Untuk perusahaan dengan tingkat risiko menengah rendah, maka Anda hanya perlu mengisi data sesuai permintaan di sistem OSS. Namun, untuk perusahaan dengan tingkat risiko menengah tinggi dibutuhkan verifikasi lanjutan. 

Anda membutuhkan sertifikat standar OSS untuk bisnis? Manfaatkan layanan pengurusan sertifikat standar dari Legalyn Indonesia yang sudah terbukti kredibel dan berpengalaman.

Hubungi Whatsapp Kami