Pertanyaan mengenai apakah SBUJK adalah aspek penting bagi bisnis sering kali memunculkan keraguan. Namun, ketika kita melibatkan diri dalam analisis yang lebih mendalam, terungkaplah peran krusial yang dimainkannya. 

SBUJK sendiri merupakan lisensi resmi yang dikeluarkan oleh LPJK (Lembaga pengembangan Jasa Konstruksi) sebagai syarat memenuhi kualifikasi di bidang jasa konstruksi. Dari pengertiaannya saja, sudah cukup menjawab pertanyaan di atas bukan? 

Namun, untuk memperjelas persoalan tersebut, simak artikel ini hingga selesai ya!

Keuntungan Memiliki SBUJK bagi Perusahaan

Bagi suatu perusahaan, memiliki SBUJK adalah sebuah keuntungan. Hal ini bisa dilihat dari sejumlah manfaat yang didapat perusahaan ketika memiliki sertifikat ini. 

Perusahaan yang sudah memperoleh sertifikat ini di klaim mampu melaksanakan proyek konstruksi, baik skala kecil, menengah, maupun besar. Dengan begitu, perusahaan tersebut bisa mengajukan jasa konstruksi sebagai perencana / pelaksana.

Perusahaan yang telah tersertifikasi oleh LPJK pastinya telah memenuhi kualifikasi sebagai penyedia jasa konstruksi, sehingga dianggap lebih professional. Hal ini membuat penyelenggara proyek pemerintah maupun swasta tidak akan ragu untuk menunjuk perusahaan tersebut. 

Pasalnya, SBUJK juga menjadi sebuah bukti komitmen & keseriusan perusahaan dalam menerima suatu proyek. Perusahaan yang mengurus sertifikat ini terbukti serius, tidak menyepelekan, serta selalu memperhatikan standar yang ada. 

Selain itu, SBUJK juga memberikan beberapa keuntungan pada sisi pajak bagi perusahaan yang memilikinya., berikut penjelasannya.

  • Untuk pelaksanaan konstruksi yang dilakukan penyedia jasa dengan SBUJK kualifikasi usaha kecil, dikenakan tarif pph final 2%. Sedangkan perusahaan yang tidak memiliki SBUJK dikenakan tarif pph final 4%.
  • Pelaksanaan konstruksi yang dilakukan penyedia jasa dengan SBUJK kualifikasi usaha menengah atau besar, dikenakan tarif pph final 3%. Sedangkan perusahaan yang tidak memiliki SBUJK dikenakan tarif pph 6%.

Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa SBUJK adalah komponen penting dalam bisnis. Selain meningkatkan kepercayaan klien, akreditasi perusahaan yang memiliki sertifikat ini juga menjadi lebih baik. 

Tunggu apalagi, segera urus SBUJK perusahaan Anda sekarang juga. Tidak perlu repot, Anda kini bisa mempercayakan pengurusan sertifikat ini pada Legalyn. 

Legalyn adalah brand lokal yang bergerak di bidang pengurusan legalitas usaha, hingga pendirian PT. Tidak perlu khawatir, Legalyn sudah terdaftar oleh Kementerian Hukum dan HAM RI sehingga aman. Yuk, hubungi Legalyn sekarang!