Seperti industri lainnya, kegiatan usaha yang bergerak di bidang penunjang tenaga listrik juga membutuhkan sertifikasi. Dalam hal ini, sertifikasi yang dibutuhkan adalah SBUJPTL atau Sertifikat Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik. Untuk itu, mari kenali pentingnya sertifikasi, khususnya SBUJPTL, dalam industri penunjang tenaga listrik. 

Hal ini terutama terkait dengan pentingnya sertifikasi tersebut dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kualitas layanan di industri penunjang tenaga listrik.

Pentingnya Sertifikasi SBUJPTL untuk Industri Penunjang Tenaga Listrik

pentingnya sertifikasi

Sertifikat Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SBUJPTL) memiliki peran yang vital dalam memberikan pengakuan formal terhadap kemampuan suatu badan usaha di bidang ketenagalistrikan. Dalam proses pengurusannya, sertifikat ini secara resmi dikeluarkan oleh sebuah Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU), yang keberadaannya telah mendapatkan akreditasi atau resmi ditunjuk oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan. 

Berikut ini manfaat penting dari SBUJPTL, yang membuat sertifikasi ini wajib dimiliki setiap badan usaha yang bergerak di sektor penunjang tenaga listrik.

  • Standar kualitas dan kompetensi perusahaan telah diakui otoritas yang berwenang

Sertifikasi ini akan mencakup penilaian menyeluruh yang berkaitan dengan klasifikasi dan kualifikasi kemampuan perusahaan Anda dalam menyediakan jasa penunjang tenaga listrik. Karenanya, SBUJPTL menjadi sesuatu yang wajib dimiliki badan usaha yang bergerak di industri jasa penunjang tenaga listrik. 

Artinya, sertifikasi ini bukan hanya sekadar menjadi pengakuan formal. Akan tetapi, ini juga dapat menunjukkan bahwa perusahaan Anda telah memiliki standar kualitas dan kompetensi yang telah diakui oleh otoritas terkait.

  • Terbukti memiliki kemampuan dalam melaksanakan proyek konstruksi di berbagai skala

Di sisi lain, perusahaan yang telah mengantongi sertifikasi ini juga dinilai memiliki kemampuan yang mumpuni dalam melaksanakan proyek konstruksi ketenagalistrikan di berbagai skala, mulai dari kecil, menengah, hingga yang besar. 

Pasalnya, kualifikasi SBUJPTL yang telah terverifikasi oleh DJK ESDM dapat memberikan legitimasi untuk menyajikan perusahaan Anda sebagai pelaksana jasa konstruksi ketenagalistrikan.

  • Terlihat lebih profesional di mata klien 

Terpenting, perusahaan yang sudah mendapatkan SBUJPTL akan terlihat lebih profesional di mata klien. Sertifikasi ini tentunya akan membuat layanan jasa konstruksi ketenagalistrikan Anda mendapatkan kepercayaan lebih besar dari para penyelenggara proyek, baik itu yang berasal dari pihak pemerintah maupun swasta. 

Keberadaan sertifikasi ini dijamin dapat menghilangkan keraguan di hati klien Anda, khususnya terkait aspek kapabilitas perusahaan. Hal ini karena perusahaan Anda dianggap telah memenuhi standar dan kualifikasi yang diperlukan.

Maka bisa disimpulkan, pentingnya sertifikasi SBUJPTL tidak hanya menjadi dokumen formal semata. Akan tetapi, sertifikat tersebut dapat menjadi kunci untuk membuka lebih banyak peluang bisnis dan meningkatkan reputasi perusahaan Anda di sektor ketenagalistrikan. 

Untuk kebutuhan pengurusan SBUJPTL, Anda bisa menghubungi tim Legalyn Indonesia. Selain sudah terdaftar di Kemenkumham RI, Legalyn Indonesia juga terbukti berpengalaman dalam berbagai pengurusan legalitas perusahaan.

Hubungi Whatsapp Kami