Anda pasti pernah mendengar mengenai Badan Sertifikasi ISO bukan? Ya, lembaga tersebut memiliki wewenang untuk mengeluarkan sertifikat ISO yang diinginkan oleh banyak perusahaan. Mengapa begitu banyak yang menginginkannya?

Hal ini dikarenakan sertifikat ISO memiliki peran dan fungsi yang cukup penting untuk sebuah perusahaan. Lalu apa sajakah fungsi dari sertifikat ISO tersebut?

4 Fungsi Sertifikasi ISO

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sertifikasi ISO memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi perusahaan. Penasaran apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Fungsi yang pertama dari sertifikat ISO adalah meningkatkan kredibilitas perusahaan. Jika konsumen mengetahui bahwa perusahaan tersebut memiliki sertifikasi ISO maka kemungkinan besar konsumen tidak akan ragu untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan.

Dengan begitu, perusahaan dapat menaikkan pendapatan yang disebabkan oleh kepuasan konsumen mengenai jaminan kualitas yang diberikan oleh perusahaan dari sertifikat ISO.

2. Menghemat Anggaran

Badan Sertifikasi ISO mengeluarkan sertifikat kepada perusahaan yang telah lolos uji coba mereka. Standar yang mereka terapkan untuk perusahaan dapat berguna dalam membuat sistem manajemen yang baik untuk perusahaan.

Dengan begitu maka perusahaan akan jadi lebih efisien dalam melakukan aktivitas kerja serta menghemat biaya pengeluaran. Keuntungannya, perusahaan tidak perlu lagi mengalami pemborosan anggaran karena sistem manajemen yang buruk.

3. Kinerja Karyawan Jadi Lebih Optimal

Sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi ISO merupakan bukti bahwa perusahaan telah melakukan sistem manajemen yang baik dan sesuai standar. Sistem manajemen tersebut nantinya juga berdampak baik bagi perusahaan itu sendiri.

Salah satu dari keuntungan menerapkan sistem manajemen tersebut adalah meningkatkan kinerja karyawan mulai dari disiplin, berperilaku hingga kualitas yang mereka miliki.

4. Jaminan Kualitas Sesuai dengan Standar

Banyak perusahaan yang menginginkan sertifikat ISO untuk meningkatkan citra mereka. Sertifikat ini hanya bisa dikeluarkan oleh perusahaan yang telah lulus dari setiap tahapan yang dilakukan dengan standar yang berlaku.

Tahapan yang dilakukan termasuk proses dalam identifikasi, analisis hingga eksekusi perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang bisa saja terjadi dalam perusahaan. Selain itu, sertifikat ini juga dapat menjadi jaminan bahwa perusahaan terus menjaga kualitas produk atau jasa mereka.

Itulah empat peranan penting sertifikat ISO bagi perusahaan. Nah untuk mendapatkan sertifikat ini, pastikan Anda memilih Badan Sertifikasi ISO yang terpercaya seperti Legalyn ya!

Hubungi Whatsapp Kami