Perusahan yang bergerak di bidang konstruksi pasti membutuhkan SBU jasa konstruksi atau Sertifikat Badan Usaha sebagai bukti jika perusahaan memiliki kemampuan dan mampu bersaing dengan kompetitor.

Namun apakah hanya sebatas itu saja kegunaan SBUJK? Tentu tidak. Simak artikel berikut ini untuk dapatkan penjelasan dan manfaat SBUJK lebih lengkapnya.

Penjelasan Singkat SBUJK

SBUJK merupakan singkatan dari Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi. Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh LPJK Kementrian PUPR kepada perusahaan yang sudah dinyatakan lulus sertifikasi.

Sertifikat tersebut menjadi bukti jika perusahaan mampu melakukan pengadaan jasa dan barang sesuai dengan klasifikasi bidang, kualifikasi dan sub bidang yang tercatat di Sertifikat Badan Usaha.

Untuk mendapatkan SBU Jasa Konstruksi tersebut perusahaan harus membuat permohonan tertulis yang diajukan ke Lembaga Sertifikat Badan Usaha Terakreditasi.

Bagaimana caranya?

Anda bisa mengunjungi LPJK setempat dan harus memenuhi semua persyaratan teknis dan administrasi. Nantinya, pihak SBU akan menjelaskan apa saja klasifikasi usaha yang akan diajukan sesuai surat permohonan yang dibuat.

Manfaat Memiliki SBU Jasa Konstruksi

Penanggung jawab perusahaan wajib mengurus Sertifikat Badan Usaha untuk perusahaannya. Tidak peduli perusahaan tersebut skala kecil atau skala besar, mendapatkan SBU bagi perusahaan adalah hal penting dan wajib.

Bagi sebuah perusahaan mempunyai Sertifikat Badan Usaha adalah acuan agar bisa mengikuti prakualifikasi sebuah tender pekerjaan pengadaan barang atau pembangunan dari pemerintah bahkan pembangunan swasta.

Manfaat selanjutnya dari Sertifikat Badan Usaha adalah bisa dipakai sebagai prasyarat agar bisa mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK). Dimana surat izin tersebut juga tak kalah penting keberadaannya bagi perusahaan.

Tak hanya itu, berikut keuntungan lainnya jika perusahaan mempunyai SBUJK:

  • Membangun kepercayaan konsumen
  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan
  • Dapat digunakan sebagai syarat untuk melakukan kerja sama
  • Untuk memenuhi kriteria guna mendirikan usaha patungan dalam rangka penanaman modal asing
  • Sebagai syarat untuk mendaftar sebagai perusahaan jasa penunjang migas dan pertambangan
  • Membuka peluang untuk mendapatkan proyek besar, karena perusahaan yang lulus proses sertifikasi dinilai layak dan dapat dipercaya

Itulah pengertian dan manfaat SBUJK yang wajib Anda ketahui. Sedangkan untuk proses pembuatan SBU Jasa Konstruksi bisa dilakukan secara mandiri atau memakai penyedia jasa SBUJK seperti Legalyn.

Legalyn sendiri adalah local brand yang bergerak dalam pengurusan legalitas usaha hingga pendirian PT, CV hingga PMA. Menggandeng pihak seperti ini akan mempermudah perusahaan, terlebih jika urusan legalitas menjadi hal yang baru bagi Anda.

Urus legalitas perusahaan bersama Legalyn? Dijamin beres tanpa ribet!