Pendirian perusahaan yayasan merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan kontribusi yang berdampak besar bagi masyarakat maupun kepentingan sosial. Meskipun yayasan bukanlah organisasi profit, keberadaannya penting untuk membantu pihak yang membutuhkan uluran tangan.

Kalau tertarik dengan kegiatan kemanusiaan, sosial, pendidikan, atau keagamaan, tak ada salahnya untuk mempelajari manfaat dan prosedur pendirian yayasan berikut ini!

Manfaat Pendirian Yayasan

Pendirian Yayasan

Sebagaimana dipahami, yayasan bukanlah organisasi untuk profit. Namun, dalam menjalankan kegiatannya yayasan tetap membutuhkan dana. Pendirian yayasan secara legal dapat memudahkan kegiatan usaha yang bertujuan untuk mendukung operasional yayasan itu sendiri.

Kamu juga bisa mendirikan badan usaha atau lembaga lain, seperti sekolah yayasan yang dapat membuka lebih banyak pekerjaan bagi masyarakat sekitar sekaligus membantu anak-anak yang membutuhkan akses pendidikan layak.

Pendirian yayasan juga dapat melancarkan misi yang telah dibuat. Sekalipun terdapat perubahan kepemimpinan, yayasan tetap dapat berjalan tanpa hambatan. Ketika terjadi masalah keuangan, hal ini tidak berdampak pada keuangan pribadi.

Tak hanya itu saja, lantaran mengantongi akta pendirian, calon donatur akan lebih percaya dan tidak ragu memberikan dananya. Hal ini juga dapat menarik pihak lain untuk menjalin kerja sama terkait kegiatan kemanusiaan atau sosial. 

Tak hanya itu saja, mendirikan yayasan menjadi tanda bahwa kamu benar-benar berkomitmen untuk memberikan kontribusi pada masyarakat dan mau bertanggung jawab secara sosial.

Prosedur Pendirian Yayasan

Pendirian Yayasan

Tak berbeda dengan pendirian perusahaan pada umumnya, terdapat prosedur mendirikan yayasan yang perlu kamu pelajari. Adapun prosedur yang dimaksud, antara lain:

  • Tahap Pendirian: pendirian bisa dilakukan oleh minimal satu orang. Dalam prosesnya, sebagai pendiri kamu harus melampirkan dokumen yang diperlukan dan membuat akta di hadapan notaris. 
  • Tahap Pengesahan: notaris akan mengajukan permohonan pengesahan dalam waktu maksimal 20 hari setelah pendirian akta yayasan dikeluarkan. Apabila permohonan diterima, Kemenkumham akan mengubah status yayasan menjadi badan hukum.
  • Tahap Pengumuman: Kemenkumham wajib mengumumkan informasi tersebut melalui Tambahan Berita Negara RI dalam waktu maksimal 14 hari setelah pengesahan.

Demikianlah informasi mengenai manfaat dan prosedur singkat pendirian perusahaan yayasan yang perlu kamu ketahui. Kini, mendirikan yayasan lebih mudah dan praktis dengan bantuan dari Legalyn

Legalyn hadir untuk membantu kelancaran proses pendirian yayasan dalam waktu relatif cepat. Tak perlu cemas, biaya layanan pendirian yayasan dari Legalyn masih ramah kantong. Berkat layanan jasa dari Legalyn, kamu tak perlu repot dan menghabiskan banyak waktu. Cukup percayakan pendirian perusahaan pada Legalyn!