Memenuhi syarat mendirikan yayasan sangat penting agar pengajuan segera diproses. Makin cepat syarat dipenuhi, makin cepat kamu bisa melangkah ke tahap berikutnya. Sebagai informasi, tahapan mengurus perizinan pendirian yayasan terdiri dari tiga tahap. 

Tentunya, tahapan tersebut cukup menghabiskan banyak waktu. Untuk mengoptimalkan waktu dan memastikan pendirian yayasan bisa sesuai dengan harapanmu, pastikan untuk memahami bagaimana tahapan dan syarat mendirikan sebuah yayasan berikut ini. 

Tahapan dan Syarat Mendirikan Yayasan

Sebelum mendirikan sebuah yayasan, terdapat tiga tahapan yang akan kamu lalui:

Tahap Pertama

Tahap pertama adalah pendirian yayasan yang dilakukan oleh minimal satu orang. Di tahap ini, kamu harus mempersiapkan satu nama utama dan dua nama cadangan, menentukan bidang yayasan, mempersiapkan administrasi, serta anggaran dasar.

Tahap Kedua

Tahap ini merupakan pengesahan status yayasan yang kamu dirikan. Setelah menerima akta pendirian, yayasan telah resmi berbadan hukum dan sah di mata hukum.

Tahap Ketiga

Tahap ketiga adalah pengumuman. Di tahap ini, yayasan yang telah disahkan berstatus badan hukum wajib diumumkan pada tambahan berita negara.

Syarat Mendirikan Yayasan: Dokumen yang Diperlukan

Adapun dokumen yang wajib kamu lampirkan sebagai syarat mendirikan yayasan, sebagai berikut.

  • Surat keterangan domisili yayasan bertanda tangan kepala desa atau lurah setempat
  • Fotokopi surat keterangan atau akta pendirian yayasan
  • Tanda daftar yayasan dari Dinsos 
  • Fotokopi NPWP yayasan
  • Fotokopi KTP pendiri
  • NPWP pendiri, pengawas, pembina, serta pengurus yayasan
  • Surat keterangan bank atau bukti setor atas nama yayasan yang berisikan keterangan nilai kekayaan awal pendirian yayasan
  • Surat Pernyataan mengenai keabsahan kekayaan awal

Setelah melengkapi seluruh tahapan dan syarat dokumen, pengajuan pendirian yayasan akan diproses paling lambat sekitar 14 hari.  

Perkiraan Biaya Mendirikan Yayasan

syarat mendirikan yayasan

Serupa dengan pendirian perusahaan atau CV, mendirikan yayasan juga membutuhkan biaya yang tak sedikit. Adapun perkiraan biaya yang harus dipersiapkan untuk mendirikan yayasan, antara lain sebagai berikut. 

  • Biaya Persetujuan Pemakaian Nama Yayasan: Rp100 ribu
  • Pengesahan Akta Pendirian Yayasan: Rp200 ribu untuk kekayaan mulai dari Rp10 juta, Rp300 ribu untuk kekayaan antara Rp25 juta sampai Rp 1 miliar, dan Rp 500 ribu untuk kekayaan di atas Rp1 miliar
  • Biaya Pembuatan Akta Yayasan oleh Notaris: bervariasi, sekitar Rp2.5 juta sampai Rp5 juta

Biaya di atas belum termasuk biaya lain, seperti dokumen perbaikan isi data yayasan, persetujuan perubahan anggaran, informasi data yayasan, dan lainnya yang diperlukan. Tentunya, biaya pengajuan yayasan akan berbeda berdasarkan kebutuhan.

Nah, untuk memudahkan pendirian yayasan, pilih layanan terbaik dari Legalyn! Nikmati kemudahan pemenuhan syarat mendirikan yayasan tanpa repot. Bersama Legalyn, kamu hanya perlu menunggu kabar baik yayasan sah berbadan hukum. Yuk, hubungi Legalyn