Membangun startup tidak harus semua serba ada, terlebih dengan modal terbatas dan keuangan yang belum stabil. Namun, kebutuhan ruang untuk kantor tak kalah penting untuk mendukung kelengkapan perizinan usaha. Di sinilah Anda perlu memahami manfaat virtual office bagi startup yang sedang berkembang.

Apa itu virtual office? Mengapa virtual office bisa jadi pilihan ideal perusahaan startup? Mari simak pembahasan selengkapnya.

Pengertian Virtual Office

Manfaat virtual office

Virtual office adalah sewa kantor virtual atau non fisik guna keperluan legal suatu bisnis. Penyewa kantor hanya mempunyai alamat kantor tersebut, sedangkan mereka bekerja secara virtual (online) dari mana saja tanpa terbatas jarak dan waktu. 

Meski tidak memiliki ruang sepenuhnya, penyewa kantor virtual tetap dapat menikmati fasilitas yang tersedia. Biasanya, pengelola menyediakan beberapa paket virtual office dengan beberapa fasilitas yang memudahkan pemilik perusahaan kecil seperti startup, antara lain:

  • Penggunaan alamat bisnis
  • Layanan resepsionis
  • Pemakaian nomor telepon kantor
  • Bebas memakai area lobby
  • Akses ke area coffee break
  • Akses ke ruang meeting.

Dengan menyewa virtual office, pemilik startup dan karyawannya bisa bekerja jarak jauh. Namun, untuk urusan perizinan dapat memakai alamat kantor virtual di pusat bisnis sesuai dengan ketentuan pemerintah, tanpa harus menyewa ruangan kantor secara penuh.

Sementara itu, staf pengelola virtual office akan mendukung semua kebutuhan fisik dan legal perusahaan startup. Jadi, Anda sebagai pebisnis startup dapat fokus mengembangkan bisnis dan mengarahkan tim.                                                         

Manfaat Virtual Office Bagi Startup

Manfaat virtual office

Saat merintis perusahaan baru, menekan biaya operasional adalah praktik terpenting. Apalagi, jika perusahaan hanya berisikan 2–4 orang saja. Bekerja di rumah atau nomaden dari kafe ke kafe sebetulnya bukan masalah. 

Namun, jadi masalah besar saat harus mengurus perizinan usaha. Domisili kantor jadi isu penting karena rumah tidak boleh dijadikan alamat bisnis. Sementara, menyewa ruangan kantor secara penuh di pusat-pusat bisnis membutuhkan biaya besar yang memberatkan perusahaan kecil seperti startup.

Maka, virtual office jadi cara populer di kalangan startup untuk mengembangkan bisnisnya. Beberapa manfaat virtual office bagi startup adalah:

  • Biaya operasional lebih rendah

Startup perlu menganggarkan dana untuk membiayai operasional secara ketat. Memakai virtual office jadi pilihan terbaik karena tidak perlu menyewa ruang kantor fisik yang lebih besar dan lebih mahal.

Dengan virtual office, startup bisa memiliki alamat bisnis di lokasi strategis yang “layak” dijadikan domisili kantor dalam pengurusan izin usaha. Semua didapat dengan biaya sewa terjangkau. 

Bahkan, dengan harga sewa tersebut startup juga bisa menikmati fasilitas yang tersedia. Mulai dari peralatan kantor seperti meja kursi, mesin printer dan fotokopi, hingga akses ke ruang meeting. Jadi, perusahaan startup dapat mengalihkan dana ke pemasaran atau pengembangan produk.

  • Mendukung fleksibilitas kerja

Kebanyakan startup beroperasi dengan tim kecil dan tidak membutuhkan ruang kantor besar. Itu sebabnya mereka dapat bekerja dari mana saja, seperti rumah, kafe, dan coworking space. Mereka bisa langsung datang ke kantor secara virtual tanpa perlu bermacet-macetan.

Selain itu, perkembangan bisnis yang dinamis memungkinkan perusahaan seperti startup mengubah lokasi maupun menambah alamat bisnis. Dengan kantor virtual, pilihan tersebut lebih mudah dilakukan. Sewaktu-waktu startup bisa menambah paket virtual office yang lebih lengkap atau menyewa alamat bisnis baru yang lebih prestisius.

  • Meningkatkan citra profesional

Dalam dunia bisnis global, virtual office memberi lebih banyak akses bagi startup ke berbagai sumber daya. Mencantumkan alamat bisnis di lokasi strategis dan eksklusif tentu dapat mendongkrak citra profesional perusahaan di mata klien maupun pelanggan.

Hal tersebut masih didukung oleh berbagai layanan tambahan yang ditawarkan virtual office. Misalnya, layanan resepsionis lengkap dengan pengelolaan surat dan nomor telepon khusus, serta akses ke ruang meeting atau fasilitas konferensi video. 

Jadi, saat butuh ruang meeting untuk bertemu klien, Anda tahu harus pergi ke mana. Anda pun siap memberi kesan positif tentang perusahaan karena sudah menempati alamat bisnis yang representatif.

Virtual Office untuk Perusahaan Startup

Manfaat virtual office

Lebih lanjut, virtual office menjadi pilihan ideal bagi perusahaan startup yang sedang berada dalam fase berikut. 

  • Startup dengan tim kecil

Dengan jumlah anggota tim kurang dari 10 orang, manfaat virtual office sangat terasa karena menghemat biaya sewa kantor fisik. Cukup sewa virtual office, alamat bisnis profesional bisa digunakan dalam berbagai urusan bisnis.

  • Startup dengan sistem kerja remote

Kerja remote memang bisa dilakukan dari mana saja, termasuk di rumah atau kafe. Namun, ada kalanya startup membutuhkan ruang kerja bersama yang dapat digunakan para staf. Virtual office juga menyediakan coworking space atau ruang meeting yang mempermudah staf bekerja sama dan berkolaborasi.

  • Startup yang sedang memperluas bisnis

Startup yang sedang ekspansi atau memperluas bisnis tidak perlu risau dengan urusan biaya sewa kantor fisik. Manfaat virtual office didapat lewat kemudahan berpindah ke lokasi baru tanpa perlu repot memindahkan barang atau menyewa kantor fisik dengan biaya besar. 

 

Manfaat virtual office untuk startup sepadan dengan usaha yang dikerahkan dalam membuat bisnis berjalan stabil. Dengan biaya lebih terjangkau, startup dapat menikmati akses ke sumber daya yang mendukung pengembangan bisnis. 

Jadi, ingin bisnis startup Anda berkelas dan profesional? Cari tahu cara sewa virtual office di Legalyn sekarang, yuk!

Hubungi Whatsapp Kami