Jasa Notaris Untuk Berbagai Keperluan

Jasa Notaris Untuk Berbagai Keperluan

Notaris memiliki wewenang untuk membuat akta otentik. Akta tersebut dapat berupa apa pun yang ingin Anda perkuat legalitasnya. Menurut Undang – undang pasal 15 ayat 2 tahun 2014, kewenangan penggunaan jasa notaris dapat berupa perbuatan, perjanjian, maupun penetapan. Segala perjanjian yang dibuat menggunakan jasa notaris dapat dipertanggung jawabkan kekuatan hukumnya.

Lalu apa saja yang bisa diselesaikan menggunakan jasa notaris?

Mengesahkan Tanda Tangan

Tanda tangan digunakan untuk memastikan keakuratan identitas Anda. Hampir semua jenis kesepakatan ataupun perjanjian memerlukan tanda tangan untuk memverifikasinya. Notaris berperan untuk mengesahkan secara hukum tanda tangan beserta kepastian tanggal surat di bawahnya.

Menghindari Perjanjian Bawah Tangan

Apabila Anda tidak menggunakan jasa notaris untuk perjanjian tertentu maka perjanjian yang dibuat tanpa ditandatangani notaris disebut Perjanjian Bawah Tangan. Apabila terjadi suatu sengketa, perjanjian yang tidak melibatkan notaris tidak memiliki kekuatan di pengadilan. Anda akan gagal memperjuangkan hak Anda sepenuhnya.

Berbeda dengan perjanjian bawah tangan, perjanjian notaris atau Akta Otentik merupakan perjanjian yang dibuat berdasarkan ketentuan undang – undang oleh notaris sebagai pejabat hukum yang berwenang. Akta yang dibuat di hadapan notaris memiliki tingkat pembuktian yang sempurna. Hal tersebut secara jelas dinyatakan pada pasal 1870 KUHPerdata. Artinya saat terjadi sengketa Anda bisa mendapatkan kepastian hukum mengenai perjanjian Anda dengan berbagai pihak yang terlibat.

Menentukan Keabsahan Jual Beli Tanah

Peran notaris sangat penting dalam hal jual beli tanah. Pasalnya jasa notaris digunakan untuk menentukan sah atau tidaknya perpindahan kepemilikan tanah dan bangunan tersebut. Honorarium ditambahkan sebagai biaya tambahan atas jasa notaris tersebut.

Jual beli tanah asasnya dilakukan atas dasar perjanjian. Perjanjian yang sah di sisi notaris harus memenuhi kesepakatan antar pihak – pihak yang terlibat. Mereka yang terlibat harus memiliki kecakapan untuk membuat suatu perikatan. Terakhir tidak boleh digunakan untuk sebab yang terlarang secara undang – undang.

Jasa Notaris Untuk Bisnis

Akta notaris mutlak diperlukan dalam kepengurusan legalitas bisnis. Akta tersebut digunakan untuk mempersiapkan pendirian PT ataupun CV. Notaris juga digunakan untuk pembuatan anggaran dasar perusahaan seperti agenda pergantian direksi hingga peningkatan modal.

Kebutuhan – kebutuhan jasa notaris di atas bisa Anda dapatkan melalui PT Legalyn Bisnis Indonesia. Legalyn memudahkan proses legalitas Anda dengan fitur konsultasi gratis. Gunakan fitur tersebut untuk mendapatkan jasa notaris Anda segera.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up
%d bloggers like this: