Layanan virtual office memungkinkan Anda memiliki alamat bisnis resmi tanpa harus memiliki ruang fisik yang sebenarnya. Layanan ini umumnya mencakup penerimaan panggilan telepon, penerimaan surat-menyurat, hingga penyediaan ruang pertemuan; sangat bermanfaat bagi bisnis kecil, startup, atau pekerja lepas yang ingin menciptakan citra profesional sambil menghemat cost.

Di balik virtual office, ada teknologi canggih yang membuat layanan ini makin keren dan efisien. Apa saja?

Kecerdasan Buatan (AI)

virtual office

Tidak dipungkiri, teknologi artificial intelligence (AI) telah membawa perubahan besar-besaran terhadap industri bisnis. Begini beberapa penerapan AI dalam layanan virtual office:

  • Penggunaan asisten virtual

Chatbot atau asisten virtual berbasis AI membantu memberi jawaban cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan umum. Interaksi antar karyawan maupun dengan pelanggan pun menjadi lebih efisien.

  • Penjadwalan dan manajemen waktu

AI didukung algoritma yang bisa membantu optimisasi jadwal, termasuk menentukan jadwal berdasarkan preferensi individu dan mempertimbangkan perbedaan zona waktu. Jadi, risiko tabrakan jadwal bisa diminimalisasi.

  • Pengenalan suara dan teks

Teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk memfasilitasi transkripsi rapat, seperti mengubah percakapan menjadi teks, bahkan membantu mengelola pesan suara.

  • Sistem keamanan berbasis AI

Teknologi pengenal wajah, misalnya, bisa dipakai untuk mengelola akses ke area kantor virtual secara otomatis. Selain itu, AI juga bisa dipakai sebagai garda terdepan untuk mendeteksi potensi ancaman kejahatan siber dan memberi respons cepat untuk melindungi informasi dan data sensitif.

Teknologi Blockchain

virtual office

Teknologi blockchain dalam layanan virtual office membantu meningkatkan keamanan dokumen, transaksi pembayaran, juga manajemen aset perusahaan. Ini beberapa contoh penerapan teknologi blockchain:

  • Keamanan transaksi

Perusahaan bisa memanfaatkan mata uang kripto untuk melakukan transaksi keuangan atau pembayaran dengan lebih cepat dan aman karena terdesentralisasi dan transparan.

  • Keamanan data

Teknologi blockchain didukung metode enkripsi terdistribusi. Artinya, data akan disimpan di beberapa node atau komputer, dan tidak bisa diakses maupun dimodifikasi tanpa otorisasi.

  • Manajemen aset melalui tokenisasi

Blockchain memungkinkan tokenisasi aset seperti saham, properti, atau instrumen keuangan lainnya. Setiap transaksi yang terkait dengan token akan meninggalkan jejak yang bisa diverifikasi oleh semua pihak terkait.

Inovasi teknologi, khususnya kecerdasan buatan dan blockchain, membuka peluang baru dalam penyediaan layanan kantor virtual; membantu merancang lingkungan kerja virtual yang lebih cerdas, aman, dan efisien. 

Anda sedang mencari kantor virtual tetapi takut cost jadi boncos? Tenang, di Legalyn ada Layanan Virtual Office mulai dari Rp7 ribuan saja per hari! Ambil promonya sekarang di tautan ini!