Apakah Anda pernah mendengar istilah SBU jasa Konstruksi? SBU konstruksi adalah sebuah sertifikat Badan Usaha yang dikeluarkan sebagai bukti atas usaha yang dilakukan suatu perusahaan di bidang jasa konstruksi.

Untuk mendapatkan SBU konstruksi, Anda mesti melakukan pengajuan permohonan tertulis kepada Lembaga Sertifikat Badan Usaha yang Terakreditasi.

Cara Mendapatkan SBU Jasa Konstruksi

Pembuatan SBU memang penting untuk perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya. Mengapa demikian? Pasalnya SBU akan memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan yang memilikinya.

Diantara manfaatnya yaitu lebih dipercaya oleh klien, berkesempatan mendapat proyek besar, guna menjadi syarat melakukan kerja sama, meningkatkan kredibilitas perusahaan, dan sebagainya. Lantas bagaimanakah cara mudah mendapatkan SBU Jasa konstruksi? Berikut penjelasannya. 

1. Mengurus Sertifikat Tenaga Kerja Konstruksi (SKA)

Yang pertama harus dilakukan yaitu mengurus SKA. SKA merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki tenaga ahli jasa konstruksi sebagai bukti atas kompetensi yang dimiliki.

Selain itu, SKA juga berguna untuk Penetapan Penanggung Jawab Teknik (PJT) dan Penanggung Jawab Klasifikasi (PJK).

2. Mendaftar keanggotaan asosiasi perusahaan jasa konstruksi

Selanjutnya, Anda harus mendaftarkan diri sebagai keanggotaan asosiasi jasa konstruksi yang terakreditasi. Beberapa asosiasi perusahaan jasa konstruksi di Indonesia diantaranya yaitu AKI, AKLI, AKBARINDO, GAPENRI, GAPENSI, GAPEKSINDO, dan sebagainya.

Mengajukan SBU dengan mendaftar SBU online

Terakhir, Anda harus daftar SBU online melalui sistem Online Single Submission (OSS). Prosesnya kurang lebih seperti berikut.

  • Masuk ke website resmi OSS, lalu Login dengan username & password.
  • Mengisi kelengkapan data yang diperlukan
  • Memilih LSBU yang akan membantu proses pengajuan SBU
  • Mengisi kembali data yang diperlukan
  • Setelah semua data & dokumen lengkap, Anda sudah bisa memproses pengajuan SBU melalui sistem OSS.

Pengajuan SBU Jasa konstruksi memang bisa dilakukan secara mandiri dengan tahap-tahap seperti di atas. Tetapi, pengurusan ini memakan waktu yang cukup lama serta memerlukan proses panjang sehingga kurang efisien. 

Solusi lain untuk membuat SBU dengan mudah adalah menggunakan jasa pengurusan SBU dari Legalyn. Keunggulan dari Legalyn yaitu tim yang profesional, biaya yang murah, serta waktu pengerjaan yang cepat.

Dengan begitu, Anda bisa lebih hemat waktu, tenaga, serta biaya. Segera konsultasi pembuatan SBU jasa konstruksi dengan mengunjungi Legalyn untuk mendapat pelayanan terbaik!

 

Hubungi Whatsapp Kami