Yayasan merupakan salah satu organisasi legal yang diperkenankan berdiri di Indonesia. Berbeda dengan PT atau CV yang memiliki tujuan komersial, yayasan kebanyakan didirikan atas dasar kemanusiaan dan sosial. Hal ini membuat proses pendirian yayasan bukan sesuatu yang bisa dilakukan sembarangan.

Selain legalitas berupa akta pendirian dan SK Kemenkumham, dibutuhkan pula sejumlah biaya. Bagi yang ingin mendirikan yayasan, berikut ini ulasan tentang rincian biaya pendirian yayasan yang dapat Anda jadikan referensi.

Berapa Biaya Mendirikan Yayasan?

Bicara soal biaya, setidaknya ada sejumlah dana yang memiliki fungsi berbeda sepanjang proses pendirian suatu yayasan. Beberapa biaya tersebut adalah:

1. Biaya Modal

Sebagaimana PT atau CV, sebuah yayasan wajib memiliki modal sebagai kekayaan awal. Jika yayasan didirikan oleh individu, pendiri wajib memisahkan sebagian kekayaannya dengan kekayaan yayasan sebagai biaya modal. Secara umum, Anda membutuhkan dana sekitar Rp10.000.000 untuk mendirikan yayasan.

Biaya ini tidak akan digunakan namun akan dicatat sebagai syarat mengajukan akta pendirian dan kekayaan awal yayasan. Angka tersebut diluar biaya lain yang dibutuhkan seperti biaya pembelian tanah untuk bangunan, pendirian bangunan, dan biaya penyediaan sarana prasarana yayasan.

Jika mau dihitung semua, minimal Anda membutuhkan dana sekitar Rp100 hingga Rp500 juta untuk mendirikan sebuah yayasan. 

2. Biaya Pembuatan Akta Notaris

Biaya ini dibutuhkan ketika Anda mengajukan pembuatan akta di notaris. Secara umum, biaya pembuatan akta notaris berkisar antara Rp2,5 hingga Rp5 juta tergantung di kota mana Anda tinggal dan jenis yayasan apa yang akan dijalankan. Aturan tentang biaya pembuatan akta ini sendiri sudah diatur secara hukum oleh Pemerintah melalui aturan perundangan yang berlaku.

3. Biaya Jasa Pendirian Yayasan

Diakui atau tidak, Anda pasti mencari proses yang lebih praktis ketika mendirikan sebuah yayasan. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan adanya Biro Jasa Pendirian Yayasan. Biro jasa semacam ini biasanya menawarkan layanan lengkap pendirian yayasan mulai dari pengajuan, pengesahan, hingga terbitnya legalitas.

Biaya jasa pendirian melalui biro sendiri cukup bervariasi tergantung layanan yang ditawarkan. Jika menggunakan jasa semacam ini, pastikan untuk menggunakan biro jasa yang tepercaya dan memiliki kredibilitas mengingat sebuah yayasan harus memiliki payung hukum yang kuat.

Bagaimana, sudah terbayang berapa dana yang dibutuhkan untuk mendirikan yayasan? Sebagai informasi, Anda bisa menggunakan jasa Legalyn untuk mendirikan yayasan. Tim Legalyn yang berpengalaman akan membantu Anda melalui setiap prosedur secara mudah dan tentunya dengan biaya pendirian yayasan yang masuk akal. Maka, tunggu apalagi, segera hubungi Legalyn agar yayasan Anda bisa segera berdiri dan memiliki badan hukum yang diakui negara.