Jika berkeinginan untuk terlibat dalam bisnis, pendirian badan usaha menjadi suatu keharusan. Legalitas bisnis sangat penting untuk menjaga keamanan dan potensi pertumbuhan yang maksimal. Di Indonesia, terdapat berbagai bentuk perusahaan, dan salah satunya adalah CV (Commanditaire Vennootschap). 

Memiliki badan usaha seperti CV ini memberikan keuntungan, terutama dengan modal yang terjangkau, memberikan peluang untuk mengembangkan usaha dengan potensi pertumbuhan yang besar. Lalu berapa kira-kira biaya pendirian CV yang harus Anda keluarkan?

Syarat dan Biaya Pembuatan CV di Indonesia

Di Indonesia, proses pendirian CV mengikuti mekanisme seragam di setiap daerah. Terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperoleh akta pendirian CV. Setelah memenuhi syarat-syarat tersebut, Anda dapat memperoleh akta pendirian CV, dan selanjutnya mengurus dokumen-dokumen lain yang diperlukan. 

Sebelum mempertimbangkan biaya pembuatan CV, disarankan untuk mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Penting untuk mengetahui persyaratan apa saja yang perlu disiapkan untuk mendapatkan akta pendirian CV. Persyaratan tersebut antara lain:

  • Salinan kartu identitas pendiri (paling sedikit 2 orang)
  • Salinan NPWP pribadi penanggung jawab
  • Foto dengan latar belakang merah ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
  • Surat sewa
  • Tanda lunas PBB terakhir
  • IMB.

Banyak orang yang belum tahu berapa kisaran biaya untuk membuat CV. Harus diingat bahwa biaya yang diperlukan untuk mengurus seluruh dokumen dan perizinan pembuatan CV tidak mencapai Rp 10 juta. Ini tentu sangat terjangkau, terutama bagi Anda yang baru memulai usaha dengan skala kecil.

Mendirikan CV dengan Biaya Terjangkau, di Legalyn Indonesia Saja!

biaya pendirian cv

Kalau Anda ingin mendapatkan layanan pembuatan CV dengan biaya yang lebih terjangkau, Legalyn bisa membantu Anda melakukannya. Hanya dengan biaya Rp3.500.000 saja, Anda sudah mendapatkan berbagai dokumen termasuk akta pendirian, pengesahan oleh Kemenkumham Republik Indonesia, NPWP perusahaan, NIB OSS RBA yang paling baru hingga sertifikat standar.

Layanan ini masih dilengkapi berbagai fitur gratis seperti konsultasi pajak hingga pembukaan rekening bank perusahaan. Tersedia juga paket pendirian CV dengan beberapa opsi:

  • CV + brand logo premium dengan biaya Rp6.500.000
  • CV + virtual office dengan biaya Rp6.000.000

Cek selengkapnya layanan pengurusan izin usaha yang disediakan oleh Legalyn dengan klik tautan ini!