Virtual office merupakan istilah yang cukup populer menjadi topik pembicaraan terutama di kalangan para pelaku bisnis. Sebenarnya, apa itu virtual office dan mengapa banyak bisnis yang mengincar layanan tersebut?

Mengenal Apa Itu Virtual Office

Virtual office secara bahasa adalah kantor virtual. Maksudnya, Anda bisa mempunyai alamat kantor secara resmi di suatu tempat, tetapi kegiatan operasional tidak harus berada di lokasi tersebut. Dalam kata lain, Anda hanya “menumpang” alamat kantor di dunia nyata, tetapi tidak benar-benar bekerja secara fisik di alamat tersebut.

Seperti contoh, Anda membangun sebuah startup dengan sistem kerja remote. Kendati begitu, Anda tetap memerlukan adanya alamat kantor yang nyata untuk keperluan administrasi dan legalitas. 

Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan layanan virtual office yang memungkinkan seluruh karyawan tetap bekerja dari mana saja dengan terhubung via internet, tetapi memiliki alamat kantor resmi di dunia nyata.

Meski begitu penyedia layanan virtual office juga biasanya menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Seperti Legalyn misalnya, merupakan sebuah virtual office dengan bangunan yang berada di area strategis Kuningan dan Duren Sawit Jakarta. Untuk memenuhi kebutuhan bisnis klien, kami menyediakan pula layanan pendukung mulai layanan resepsionis hingga ruang meeting untuk pertemuan offline.

Siapa yang Memerlukan Layanan Virtual Office?

apa itu virtual office

Bisnis apa pun bisa menggunakan layanan virtual office. Hanya saja biasanya beberapa bisnis yang memanfaatkan layanan ini antara lain:

  • Bisnis yang baru mulai merintis 
  • Bisnis yang aktivitas operasionalnya berada di lokasi kurang strategis
  • Konsultan
  • Pekerja remote dan freelancer
  • Dan sebagainya

Secara umum tujuan penggunaan virtual office adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas bisnis secara legal tanpa harus mengeluarkan dana besar. Hal ini karena virtual office menawarkan lokasi kantor virtual di lokasi strategis dan bahkan prestisius. 

Oleh karena menyewa sebuah gedung di area tersebut akan memakan biaya sangat besar, jadilah virtual office sebagai alternatif yang efektif. Pun jika Anda perlu adanya layanan pendukung seperti resepsionis dan sekretaris visual, beberapa mesin seperti fotokopi, scanner, dan sebagainya, hingga ruang pertemuan untuk bertemu klien, umumnya sudah terakomodasi dalam paket sewa virtual office.

Kini, Anda tidak lagi bingung dengan apa itu virtual office, bukan? Layanan kantor virtual ini akan membantu meningkatkan reputasi dan produktivitas bisnis Anda secara efisien. Di Legalyn misalnya, ada banyak pilihan paket virtual office Jakarta dengan harga terjangkau yang bisa Anda gunakan.

Hubungi tim Legalyn sekarang untuk informasi selengkapnya dan penawaran terbaik.