Apakah Anda seorang kontraktor bangunan? Jika iya, pertimbangkanlah untuk melakukan sertifikasi badan usaha jasa konstruksi. Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK) merupakan sertifikat resmi yang diberikan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) kepada perusahaan yang memenuhi kualifikasi. 

Meskipun begitu, banyak kontraktor yang urung melakukan pendaftaran karena menganggap tahapannya cukup berbelit. Mari kita pelajari lebih jauh mengenai proses pendaftaran SBUJK.

Tahapan Pendaftaran SBUJK

Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi

Pada dasarnya, proses sertifikasi badan usaha jasa konstruksi terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu:

1. Proses Sertifikat Keahlian (SKA)

SKA merupakan sertifikat yang diberikan oleh LPJK kepada tenaga ahli di bidang konstruksi karena telah memenuhi syarat kualifikasi berdasarkan disiplin keilmuan, fungsi kerja, dan keahlian tertentu. Terdapat tiga jenis SKA yang dikeluarkan oleh LPJK berdasarkan tingkatan kualifikasi karyawan, yaitu: 

  1. a) SKA untuk Ahli Utama; 
  2. b) SKA untuk Ahli Madya; dan 
  3. c) SKA untuk Ahli Muda

Selain itu, SKA dikategorikan berdasarkan bidang yang dikuasai oleh tenaga ahli. Sebagai contoh, SKA Bidang Arsitektur meliputi arsitek, desainer interior, dan arsitektur lansekap (landscape).

2. Pendaftaran Keanggotaan Asosiasi (KTA Asosiasi)

Setelah karyawan Anda memperoleh SKA masing-masing, langkah berikutnya adalah melakukan pendaftaran keanggotaan asosiasi. Ada berbagai macam asosiasi kontraktor yang mencakup berbagai disiplin ilmu di dalam bidang konstruksi. Asosiasi yang Anda tuju harus terdaftar di LPJK.

KTA pada umumnya dibagi berdasarkan ukuran perusahaan konstruksi yang didaftarkan, hal ini berlaku baik bagi kontraktor maupun konsultan. KTA ini hanya berlaku 1 tahun dan harus rajin diperbarui.

3. Pendaftaran Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Langkah sertifikasi selanjutnya adalah mendaftar SBUJK. Anda harus memastikan bahwa kelengkapan dokumen sesuai dengan permintaan LPJK. Anda bisa memeriksa situs resmi LPJK untuk memahami persyaratannya. 

Setelah Anda mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan, pihak LPJK akan melakukan proses verifikasi dan penilaian terhadap permohonan yang diajukan. Jika diterima, Anda akan mendapatkan SBUJK yang berlaku selama 3 tahun lamanya.

Perlukah Memiliki SBUJK?

Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi

Memiliki SBUJK akan sangat membantu perkembangan usaha konstruksi Anda. Kepemilikan SBUJK akan membuat Anda masuk kualifikasi untuk proyek pemerintah. Selain itu, pemberi kerja swasta pun akan lebih yakin untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda karena telah terbukti memiliki kualifikasi yang sesuai untuk menjalankan kerja.

Proses sertifikasi badan usaha jasa konstruksi dari awal hingga akhir terlihat rumit bagi sebagian orang. Belum lagi ada kemungkinan bahwa regulasi telah berubah. Anda dapat bekerja sama dengan lembaga seperti Legalyn untuk membantu dalam proses pendaftaran SBUJK.

Konsultasikan dengan Kami untuk informasi lebih lanjut
Form Whatsapp